Happy International Book Day!


Source: here


Happy international book day! Book plays important role in my life. Buku pertama yang aku baca adalah buku dongeng yang ngisahin seekor kerbau yang malas mandi. Kalo ga salah judulnya momo malas mandi. Itu buku dibeliin ayah sewaktu perjalanan ke luar kota, di Medan. Wah inget banget ya sis? Iya dong buku pertama :) masih seumuran 5 tahun deh bacanya. Emang aku lebih lancar baca duluan timbang hitung-hitungan.

Fast forward sd ayah suka beliin buku-buku di pameran, seri KKPK dan langganan majalah bobo. Ih kapan-kapan deh mau bikin postingan soal kebucinanku pada majalah satu ini. KKPK favoritku ditulis sama Sri Izzati, judulnya Hari-hari di Rainesthood. Ini buku ngeinspirasi aku buat ngerasain hidup sendiri dalam asrama. Gimana sih rasanya tinggal bareng teman sebaya tanpa kehadiran orang tua disana? Seru ya. Bisa bebas ngobrolin apa aja, main juga terserah kita maunya kapan.




Image result for hari hari di rainnesthood
MOST FAVORITE!

Dari loncatan-loncatan kecil tadi perkenalan sama berbagai macam genre buku makin meluas. Nggak melulu baca soal fiksi, tapi juga udah lari ke non fiksi. Bahkan sekarang aku jadi agak males baca fiksi lho, cocok-cocokan abisnya. Kadang ada feelnya, seringnya enggak. Buku fiksi terakhir yang aku baca dan suka karangan Winna Efendi, judulnya Melbourne. Udah diadaptasi ke layar lebar malah. Sewaktu aku baca yang aku bayangin jadi Laura itu Laura Basuki. Sedangkan karakter cowoknya si Max, ah entahlah aku lupa haha.

Buku-buku yang aku sebutin di atas rata-rata fiksi, kalo yang non fiksi sih bagiku sama berartinya. Ya ada sih beberapa yang emang ngebawa aku berpikir jauh ke depan, tapi dari fiksilah tetap aku memulai langkah untuk belajar mencintai buku.

Salah satu buku berarti di tahun ini datang dari aktris kebanggan Indonesia, Maudy Ayunda dan mas Yoris Sebastian owner dari OMG consulting dan cofounder dari inspigo id. (Btw aku suka lho dengerin inspigo, kalian?) Buku Maudy yang berjudul Dear Tomorrow ini relatable sama keadaanku sekarang, yang lagi masuk ke masa quarter life crisis. Mempertanyakan ini itu, mulai dari diri sendiri, hubungan asmara, sampe masa depan. Baca deh, serasa kita lagi diajak ngobrol santai sama Maudy, oh jangan lupa buku ini aesthetically pleasing sekali! Sesuai dengan selera millenial.


Sedangkan mas Yoris lewat bukunya berjudul Oh My Goodness ngajak pembaca buat percaya kalo kreativitas bisa dilatih, bisa diasah. Ini bukan sesuatu yang hanya dimiliki orang-orang tertentu, semuanya punya kesempatan kalo mau nyoba. Di dalem bukunya banyak latian-latian simple buat ngasah daya kreativitas.


Manfaat yang aku rasakan dari setiap buku yang pernah aku baca adalah beragam inspirasi, keinginan untuk menulis, terinspirasi, dapet energi. The power of words! Aku pernah bercita-cita buat jadi penulis, bercita-cita buat jadi wartawan. Aku berani punya mimpi itu yaa walau diliat sekarang sih sepertinya jauh, :") *kok curhat?

Intinya aku dapet kekuatan buat bergerak maju dan nyoba sesuatu yang baru. Itu semua berkat dari buku, makanya kalo buku dibilang jendela dunia ya emang bener banget. Aku yakin nggak seorang dua orang aja yang ngerasain manfaat baca buku, apalagi kalo virus suka baca buku ini menular kemana-mana, hasilnya nendang. Baca buku di tempat umum nggak lagi jadi suatu yang aneh lagi. Malah kalo bisa saling sharing bacaan satu sama lain. ya ga?

No comments:

Powered by Blogger.