Local Seller

Selama di Thailand hal yang paling aku kenang itu waktu belanja oleh-oleh di Asean Night Market.

Image result for asean night market
Source: tripadvisor.com 

Di sini aku ngerasain kebaikan penduduk lokal ditengah keadaan hopeless dan bingung... berat. Kronologinya tuh gini, aku liburan ke Thailand pake ngabarin orang-orang rumah "mau titip apa nih selama disana" sok pahlawan gitu (tapi emang niatnya tulus gaes, yang ujungnya kelimpungan lol) ibu bilang titip kaos ajalah. Noted! Gizca juga sama nitip kaos buat orang tuanya, kalo duit sisa ya beliin gantungan kunci atau apalah.

Di hari keberangkatan itu kita semua peserta travel disuruh nuker duit dari ringgit ke baht abis nyelesein urusan imigrasi. Nah kocak dan lugunya diriku ngelupain uang titipan Gizca yang dimasukin ke dompet bagian koin. Uang yang aku tukerin ya cuma bener-bener uangku aja. Lanjut jalan ke beberapa destinasi wisata sebelum berakhir di Asean Night Market.

Asean Night Market ini macem pasar malem gitu, isinya ya dari barang prinitilan gemas buat oleh-oleh, sepatu, tote bag, jaket, sampe makanan. Untuk food court tempatnya di lantai dua, sedangkan barang-barang tadi di lantai satu. 

Aku puas jajan di Asean Night Market! Pilihannya banyak, harganya murah. Bahkan salah satu wishlistku berhasil dicoret gara-gara tempat ini. Yep, wish itu adalah makan langsung mango sticky rice di negara asalnya. Yang aku suka itu mangganya, mangga kuning tapi nggak berserat tebal kek mangga Indonesia. Satu porsinya sekitar 50 bath.

Belum puas nyobain mango sticky rice aku beli mango smoothies juga. Yang ini harganya cuma sekitar 30 bath, murah mana kentalnya pas. Aduh sayang :)) lanjut makan baksonya juga, disana bisa milih sih temen baksonya mau apa. Biasanya kan bihun ya kalo di rumah tuh, nah aku kemarin milihnya kwetiau. 

Lagi enak-enaknya makan bakso, keingetan soal uangnya gizca yang belum dituker. Terus lagi uangku yang pas-pasan soalnya inget kalo ada titipan kaos, sementara tadi udah enak-enak jajan aja lol. Solusinya cari money changer sedekat mungkin. Salah satu temenku katanya liat ada petunjuk yang ngarah ke lokasi money changer, sayangnya pas aku nyari ga ketemu-ketemu. Sementara waktu udah semakin mepet. 

Ya ditengah kebingungan aku baru sadar, kenapa nggak ambil lewat atm aja?! Kan aku pegang jenius tuh, jenius insya Allah aman dipake dimana aja. Buktinya dipake di CIMB vmall ga bermasalah, nggak kaya atmku yang lain rewel (padahal udah ngehubungin CS-nya, tapi tetep aja gabisa buat narik tunai) Alhamdulillah, didepan Asean Night Market ada mesin atm SCB.

Image result for purple bank thailand
Ini logonya

Tapi kendalanya semua saldoku ada di Flexi Saver, mau ga mau harus aku tarik dulu dong supaya bisa ditarik dalam bentuk tunai. Masalah kedua yang aku hadapin adalah sambungan internet. Jadi rombongan travelku itu ngasih fasilitas yang mana beberapa anak dibeliin perdana terus dia ngehotspot ke temen-temennya yang lain. 

Sedangkan aku jalan sendiri bu, nggak ada temen. Ya gimana mau nyari hotspot, pada jalan misah juga sama temen-temen yang lain. Ditengah kebingungan aku nyamperin salah satu temen yang aku kenal, dia lagi belanja baju di lapak bagian belakang. Masuk jugalah aku, eh kemudian ada ide buat beli barang dari sini supaya bisa nanya kode wifi di pasar itu ke abangnya. 

Strategiku berhasil! Di tengah bahasa inggris aku dan abangnya yang berantakan, aku bilang minta tolong buat nyambungin hape aku ke wifi, terus dia bilang "nggak usah, kamu pake hotspot dari hapeku aja" huhu aku kan langsung terharu, huhu :") abang kamu baik betul!

Abis berhasil ambil duit di atm depan buru-buru balik deh ke abangnya buat beli titipan keluarga. Ya emang rejeki buat kita berdua ya bang! Kamu dapet pelanggan, aku bisa ambil uang lebihan. Ditengah keadaan yang hopeless, pinjem duit ke temen juga nggak mungkin. Mereka punya list belanjaan dan jajan yang sama banyak, mau nggak mau ya usaha buat nukerin uang dari ringgit ke bath gimanapun caranya.

Hal kaya gini sih yang bikin pengalaman travelling jadi berkesan. Dapet pertolongan sama local stranger dan sempet ngobrol-ngobrol dikit (ya kebanyakan sih tanya diskon juga hahaha). Interaksi yang terjalin itu lho jadi pengalaman berharga.

Thank you abang! Semoga jualannya makin laris! <3

No comments:

Powered by Blogger.