Dari unqualified nyampe ke rumah

Salah satu episode podcast unqualified ngebahas hubungan antara orang tua dan anak. Masalah yang dibahas kebetulan mirip-mirip sama keadaan rumah aku, cuma dia 3 kali lebih ekstrim aja. Mungkin sih kalo aku hidup di posisi dia sekarang bukan kabur lagi yang aku lakuin, tapi permanen pergi alias merantau pindah sejauh mungkin sampe nggak ditemuin lagi. Nenangin diri sendiri di tengah keadaan yang nggak stabil sama sekali itu penting banget. 


Pertanyaannya mau pegangan sama siapa sih kita ini kecuali diri sendiri? Temen? Pasangan? Saudara? Percayalah diumur 20 tahun ke atas orang makin sibuk sama urusannya sendiri. Kitanya yang punya masalah ini perlu mikir mateng-mateng buat minta bantuan, entah itu sekedar jadi temen curhat atau nemenin kita refreshing. Nggak tega aja sih kalo sendirinya egois minta bantuan ini itu, sementara kita sendiri nggak tau apa dia bener sanggup nemenin? Namanya temen sering juga sungkan buat nolak permintaan tolong. Daripada nyusahin pilihan diem terus telen aja sendiri keliatan jadi opsi terbaik.

Nah si narsum yang curhat lewat email ini tanya masukan buat ngehandle orang tuanya yang sering nggak seide sama dia. Bukan itu aja sih, keegoisan sang Ibu udah masuk level tinggi juga, ya disalah-salahin terus sedari remaja sampe dewasa tentu nggak enak. Her relationship is more complicated than her story through email. Saran yang dikasih Gustika sama Randy sebenernya sama kaya konselor yang udah pernah dia curhatin. Dia yang disaranin buat "berubah"





At first I was like???? Why. She already overwhelmed and tired. Kenapa nggak nyoba cari jalan tengah dulu aja? Orang tua perlu tau keadaan anak dia gimana.

Sering kan nemuin kasus gini juga? Di media sosial, temen-temen kampus termasuk di rumah sendiri aku mempertanyakan kenapa orang tua itu menuntut kita ini menuntut kita itu sedangkan mereka nggak berusaha buat mencoba mengerti posisi anaknya. Misal ada anak nggak setuju misal masuk SMA, dia prefer SMK. Tapi orang tua langsung memutuskan enggak, mereka yakin SMA lebih baik buat si anak tanpa mempertimbangakan pendapat anak. 

Perlahan aku dengerin, alasan yang dikemukain sama kedua podcaster ini cukup mengubah sudut pandang aku kenapa kita (si anak) yang perlu ngalah.

Ibu atau ayah kita bakal menua, makin sulit bagi mereka buat memahami apa keinginan kita. Orang tua ngerasa superior dengan pilihan yang mereka ambil karena tau mereka lebih berpengalaman. Senioritas at its finest. Cara nerima nasehat orang tua, sudut pandang kita terhadap masalah yang sering bersebrangan sama mereka juga seringkali nggak sesuai sama ekspetasi orang tua. Mungkin emang udah jadi kebiasaan buat nentang pendapat saat kita ngerasa cukup tau sama apa yang mau kita raih.

Then I tried....

Pendekatan lewat belajar memahami apa yang mereka pengen itu susaaah banget. Awal nyoba pengennya ngegas, cuma ditahan sedikit, sedikit sampe belajar paham iya ini emang behavior mereka yang bentuknya kaya gitu. Perlahan abis hafal kebiasaan, nahan amarah disaat ortu meledak-ledak gara-gara kesalahan sepele sedikit terasa mudah. Rumah kerasa agak ramah, perasaan kesel jadi nggak tinggal lama-lama di dalem hati. Ujungnya kesel hati juga kita sendiri yang rasain, bukan orang lain, bukan. 

Cuma kamu sendiri. 


Berharap orang lain bakal berubah susah, tapi kalo kamu berharap diri sendiri berubah kan bisa




4 comments:

  1. "20 tahun ke atas orang makin sibuk sama urusannya sendiri. Kitanya yang punya masalah ini perlu mikir mateng-mateng buat minta bantuan, entah itu sekedar jadi temen curhat atau nemenin kita refreshing"

    bener banget mba, ini semakin aku rasain sekarang, temen bukannya malah bertambah banyak justru semakin dikit karena selektif.

    btw tentang podcast yang dibahas termasuk dilemma yang banyak dirasakan sama usia remaja menuju dewasa, disaat keputusan yang udah mateng kita buat tapi OT kita gak setuju atas keputusan itu. Aku juga pernah ngerasain hal yg sama mba, awalnya mau masuk jurusan sastra tapi orang tua gak setuju karena prospek kerja nya nanti, ujung2nya aku juga yg ngalah deh, simpel karena gak tega dan gak tau kenapa rasanya susah banget buat ngomong "gak mau" ke orang tua. hahah jadi curhat.

    tetep semangat ya mba Galih! lanjutkan terus menulisnya! :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Jadi punya trust issue juga sama orang baru, apalagi sekarang di era sosial media rasanya gampang banget liat orang spill kisah hidupnya :( padahal itu juga nggak layak disebarin asal kecuali buat minta bantuan

      Wah dilema banget itu pasti. Emang ngomong enggak ke orang tua tanpa disertai alasan yang jelas itu semakin sulit buat dilakuin, terlebih kalau ada hubungannya sama dunia kerja. Semangat ya kuliahnya! Aku juga sekarang lagi pusing-pusingan sama skripsi *eh balik curhat

      Wah thanks for your kind words. I appreciate it a lot! ❤️

      Delete
  2. Semakin bertambah umur, circle memang semakin mengecil. Karena, masing-masing personal sudah memiliki prioritasnya masing-masing, bahkan untuk sahabat kita sendiri pun kita bisa jadi bukan prioritasnya lagi :D ketika menginjak usia 20, banyak yang berpikir bahwa kita sudah dewasa, nyatanya usia tersebut masih merupakan usia peralihan dari teenager di mana segala sesuatu di bawah naungan orang tua. Lalu kita dipaksa untuk masuk dunia nyata, realita hidup, mengambil keputusan yang acapkali salah :) disitulah kita berproses sebenarnya ~ nggak heran quarter life crisis membuat banyak anak usia 25 tahunan stress dan struggling. But it's okay, saat kita menginjakkan kaki di usia 30 tahunan, kita akan betul betul mulai bisa melihat, what makes us really happy ;)

    By the way, kalau saya dulu, selalu ikut apa kata orang tua selama itu bermanfaat untuk saya. Seperti persoalan masuk sekolah mana, dan lain sebagainya. Tapi juga sambil berusaha untuk gain trust mereka. Soalnya kalau saya menuntut orang tua mendengarkan saya, atau menghormati pilihan saya, terlebih dahulu saya harus tunjukkan kalau mereka bisa percaya sama saya. Jadi bukan dengan melawan mereka. Karena lambat laun, kalau orang tua bisa percaya dengan kredibilitas kita, maka mereka akan dengan senang hati membiarkan kita memilih apa yang kita suka. Seenggaknya itu dari pengalaman saya :)

    Semangat ya mba, semoga yang mengesalkan di dalam hati bisa hilang. Berubah jadi pecutan untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk diri pribadi mba agar bisa bersinar di masa depan. For whatever you've been through, percaya deh, nggak ada yang sia-sia selama dilakukan dengan suka cita dan tanpa tekanan. Namun, apabila sempat merasa tertekan, just stay back for a while, tarik napas, baca journal semakin banyak untuk memahami setiap sudut pandang, dan jangan lupa minum juga ;D good luck ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di usia 20-an sekian ini emang tricky banget mbak Eno :,) banyak hal yang berubah 180 derajat, dari mulai cara pandang yang dulu kayanya nggak mungkin deh mikir sampe kesitu sekarang kaya yang ya mungkin ajalah di dunia semua bisa terjadi. Iya amin mbak, semoga semakin bertambahnya usia bisa semakin lihat dengan jelas maunya diri ini itu apa, makasih udah sharing juga mbak Eno 🖤 terharu baca komen sepanjang ini :,)

      Delete

Powered by Blogger.