Hai, halo


 

Setelah setahun lebih mentelamtarkan ini blog, bingung nggak tahu harus ngisi apa, gue memutuskan balik lagi ke sini. Mengisi kembali ruang kosong yang pernah gue tinggali. Sebenarnya kemarin-kemarin udah sempet bikin blog baru, memantapkan hati say good bye sama yang ini. Apa daya ternyata masih sayang, masih mau gue baca kadang, up and downsnya nulis udah tersaji di sini. Tulisan gue masih jauh dari kata sempurna, namun melihat usaha yang ada di baliknya menjadikannya jadi sesuatu yang berharga tiada tara, bener nggak ibu-ibu, bapak-bapak, adik-adik, dan kakak-kakak yang menggeluti sebuah hobi?

 

Dari kecil gue taunya nulis doang nih, sampe segede ini. Timbul keresahan sebenarnya, kenapa gue nggak tertarik mencoba-coba hal lain? Gue udah paksa sih sebenernya, tapi ketertarikan gue akan suatu bidang cuma bertahan singkat-singkat aja. Beda sama nulis ini. Pun sempet karena udah yakin nulis itu suatu passion yang wajib gue gelutin sampe jadi ladang rezeki gue pun mencoba untuk menyebarkan tulisan-tulisan di media meski yaa belum rejekinya aja sis hehe. 

 

Mikir juga di lain sisi, suka sama nulis, masih sering nulis kok kualitas yang dihasilkan begini-begini aja? Ada nggak yang punya keresahan yang sama? Kayak buah pikir yang ada di kepala tuh nggak dapat tereksekusi dengan baik, bahasa yang kita gunain muter-muter sampe pas baca keseluruhan tulisan bingung kok yang tadinya di kepala keren banget nggak pake kurang pas gue tulis di draf biasa-biasa jauh dari kata cemerlang?


Solusinya mungkin hanya satu, take a deep breath and relax. 

 

Kalau memang udah nyoba usaha ningkatin kualitas nulis dan menurut gue sekali lagi hasilnya masih begitu-begitu saja ya nggak apa-apa. Bisa jadi self critic gue yang terlalu tajam membabat habis semua sisi. Di satu tahun belakangan ini gue juga yang tadinya udah hiatus nulis fiksi kembali lagi nulis fiksi setelah agak kelelahan catch up belajar nulis esai tipis-tipis. Itu tadi pengalaman menyenangkan juga sih, ada yang menikmati satu dua dan bagi gue itu cukup. Apalagi kalau mereka udah menyumbangkan feedback dengan berani, makasih semuanya. 

 

Struggling menyukai apa yang kita cintai itu gampang-gampang susah ceu, mau dicintai kadang ada aja tong kosong berbunyi emang selayak itu buat dicintai? (tong kosong ini ibaratnya negative side dalam diri yah :) ) yang satunya bilang ya pantes-pantes aja sih suka sama karya lo kan susah ya bikinnya. Nggak semua orang mau meluangkan waktu buat belajar pun karena udah terlalu lelah dan sibuk sama urusan pribadinya, buat diri lo sendiri yang masih berusaha meningkatkan kualitas akan hal yang lo suka sih udah good job banget. 

 

Yes, a very good job for me!

 

Pesan gue buat yang baca, teruslah berkarya, teruslah membuat, teruslah kembali menumpahkan ide-ide yang ada di kepala meski komenan yang datang sekadar "apa yang kamu buat itu biasa saja" biasa sajamu ini kelak bisa jadi hal yang kamu banggain karena berani udah melakukannya selama berulang kali dan menjadikan diri kamu jago akan hal tersebut. Berapa banyak sih cerita yang muncul dari sekitar kita, ingat sekitar, bukan soal para tokoh yang namanya dimuat di koran tv karena punya bakat di atas rata-rata, mereka yang berhasil punya keahlian itu rata-rata karena nggak pernah berhenti ngorek, ngegali, dan ngerjain apa yang mereka sungguh suka. 

 

No comments:

Powered by Blogger.