10 Jam untuk Pemilu



Besok pemilu secara serentak dilaksanakan di Indonesia, dan kemarin tepat di hari Minggu aku dapet kesempatan buat memakai hak pilih di KJRI Penang. Alhamdulillah, bersyukur banget. Karena aku sendiri nggak kepikiran bisa nyoblos disini maupun bisa make hak suara di Malaysia karena nggak ngurusin apa-apa sama sekali. 

Masalah pemilu ini baru keinget abis menjejakan kaki di UUM, baru sadar kalo selama di Indonesia aku kurang nyari info gimana tata cara milih di LN. Nyeselnya itu lho banget-banget, sayang aja sih masa hak suara terbuang gitu aja kalo semisalnya aku nggak bisa milih atas keteledoranku sendiri?

Pertengahan bulan Maret anggota PPI UUM mulai ngedata para mahasiswa baru dan mobility yang namanya nggak tercantum di DPT. Harap-harap cemas sih, ngarepnya ya bisa dipake hak suaranya. Dan di minggu kemarin kita semua dapetin jawabannya. Bagi para pemilih yang nggak terdaftar bakal diberangkatkan ke Penang di hari Minggu (17/4) jam 1 siang. 

Paginya aku masih sempet masuk kelas juga ngurus beberapa tugas. Bis berangkat dari depan vmall,  fyi ruang buat selonjor di bis kemarin luas banget. Jadi perjalanan pp selama 6 jam ga kerasa pegel. Sebenernya selain seneng karena nyoblos aku juga seneng karena bakal ke Penang. Walaupun nggak buat "main" tapi seenggaknya bisa menjejakan kaki dulu lah yaa di sana :p

Rombongan kita nyampe depan KJRI Penang sekitar jam 3 sore. Di sana keadaannya agak semi chaos gitu. Masing-masing pendukung paslon saling teriak di pinggir jalan buat ngebela pilihannya, jalannya agak macet karena banyak yang bolak-balik nyebrang. Kita semua langsung masuk ke dalam antrian yang menurutku panjang banget kalo dibandingin perum di Sidoarjo. 

Aku kira antriannya cuma di depan aja, tapi begitu masuk ke dalem ada 4 antrian lagi yang menunggu buat diisi. Haha zonk! Antrian kedua sama berdiri kaya di depan, sementara buat 3 sisanya kita disediain tempat duduk buat nunggu. Yang berdiri ngabisin waktu kurleb dua jam kurang, kaki pegel ga karuan. Flashback pas pemilu di rumah, beuh nyoblos nggak bakal makan waktu lama. 15 menit itu udah beres semuanya. Jadi gini ya perjuangan para diaspora buat memakai hak pilihnya? Aku jadi ngerasa seneng dan mellow disaat bersamaan. 

Lega tuh waktu jari udah kecelup di tinta ungu, yeay aku berhasil menggunakan hak pilih! Total ada sekitar 10 jam yang kita habiskan untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu. Kemarin aku liat banyak TKW/I, sampe ada yang dianter majikannya segala. Bahasa jawa juga "kedengeran" lagi selama ngantri.

Jadi teman-teman pikir lagi deh kalo mau golput, suara-suara kalian itu berarti banget buat Indonesia ke depannya. Banyak orang yang nggak kedapetan milih karena dateng kesorean, ataupun terlambat. Ini baru yang di Penang, belum lagi di kota atau negara lain.

Siapa yang menang atau kalah kita hargai ya. Dukung mereka untuk ngebuat Indonesia ke arah yang lebih baik. Akhir kata selamat merayakan pesta demokrasi bagi kita semua!


No comments:

Powered by Blogger.