Review: Unicorn Store (2017)



Aku pikir film ini ngebahas seorang dewasa yang akhirnya mau berdamai tentang impian di masa kecilnya, sadar nggak semua apa yang dia mau bisa dia dapat. And turns out it's not. It's far away from it, this movie is really contained with magical stuff and creature. 

Kit (Brie Larson) punya passion yang kuat terhadap seni, dia suka ngelukis, dia suka pelangi, dia suka unicorn, juga glitter. The perfect world we living in as a child, yang mana juga dia percayai hingga dewasa sampai dimana dia dapet penolakan dari dosen-dosennya karena seni yang dia buat itu nggak sesuai sama kurikulum yang mereka ajar. Ndeweni kata wong Jowo...

Bagi orang dewasa lain passion Kit ini masuk kategori basi sih, deal with reality please! Kit mau nggak mau ngikutin permintaan sekitar. Terutama demand itu dateng dari kedua orangtuanya. Orangtua Kit pengen lihat anaknya tumbuh dengan normal, berteman sama manusia lain. Mereka khawatir Kit belum move on sama masa kecilnya dan akhirnya ngebuat dirinya sendiri terluka. Pendekatan yang dilakukan sama orang tua Kit emang nggak smooth ditambah sifat Kit sendiri yang keras kepala.

Kit yang karyanya ditolak mentah-mentah sama dosennya, memutuskan buat jadi manusia normal pada umumnya. Suka sama kopi, nyoba makan sayur. Nyobain hal-hal yang dia benci sekali lagi, dia juga capek dapet pressure dari orang tuanya yang suka ngebandingin dia sama Kevin. Kevin dianggap lebih sukses karena doi udah punya kerjaan yang settle, kontribusi buat lingkungan juga.

Nggak lama Kit ngelamar di perusahaan yang nyediain berbagai lapangan kerja, namanya Temporary Success (ngakak bentar) dia nemuin ini lewat iklan-iklan di tv yang seakan nyindir keadaan dia yang menyedihkan. Her biggest fear is become dissapointment for both her parents :"), makanya orang-orang dewasa ini banyak yang takut ngeraih apa yang dia mau. Terbentur sama realita gitu...

Di kantor Kit ketemu sama bosnya yang.... aneh. Dia suka mepet-mepet Kit, muji-muji eh ujungnya ngejatuhin. Masuk kategori verbal sexual harrasment seperti yang Kit bilang. Tapi ya karena separuh jiwa Kit ini polos dia masih posiive thinking aja ma si Bosnya ini. Bahkan ngasih usaha yang terbaik sewaktu presentasi karena dia nggak mau jadi sumber kekecewaan orang lain.

Sepucuk surat tiba-tiba datang ke Kit, dia sendiri bingung karena surat ini tuh seakan bisa baca pikirannya. Karena ngerasa terganggu Kit mutusin buat dateng ke tempat yang surat itu bilang, eh bener aja tempat yang disebutin disuratnya itu sama-sama ajaib juga. Toko itu nyediain apa yang selama ini Kit cari,

Yup, it's unicorn!


Kit nggak langsung percaya gitu aja dong, ya kali ah ada orang nggak dikenal bisa tau alamat kantor, posisi yang ditempatin apa, sampe yang paling krusial. Tahu apa mimpinya. The salesman it's more like cenayang?! Si bapak sales ini ngejelasin soal kenapa dia bisa terpilih, sampe syarat apa aja yang harus dipenuhi Kit kalo bener mau melihara unicorn ini.

Yang pertama-tama Unicorn harus punya rumah, kandang gitu maksudnya lol. Karena ga tau gimana caranya bangun kandang yang layak dia minta tolong bantuan salah satu staf toko bangunan, untung masnya bae. Padahal Kit ngegas gitu minta tolongnya *ngelirik diri sendiri. I'tikad kuat udah ditangan, gas terus pokonyaa.

Syarat lain yang diberikan sama bapak sales tadi juga termasuk Kit harus jadi orang yang layak, punya positive vibes kuncinya. Unicorn itu sensitif sama energi negatif, jadi sebisa mungkin kita jadi pribadi yang happy biar dia terjaga dengan baik.

Syarat ini agak susah dipenuhi sebenernya, Kit lagi dalam kondisi nggak mengenakan. Perseteruan sama orang tua, urusan pekerjaan yang bikin pening kepala juga perdebatan dengan diri sendiri tiada akhir jadi faktor utama emosinya naik turun.

Ada quote bagus yang diucapin mamanya Kit

The most adult thing you can do is failing in what you really care about

Nangis

Ini film kenapa sih membangkitkan kenangan dan kemauan saat kita kecil dulu yang kita telantarin karena terbentur realita? Dunia yang dulu sederhana kaya masak-masakan depan rumah nggak lagi terasa menyenangkan, ngomongin soal cita-cita yang nggak masuk akal tapi bisa bikin hati excited ga karuan. Hhhh

Unicorn store menurut aku emang ngebawa diri kita yang dewasa ini balik lagi ke masa kecil kita yang penuh khayalan. Nggak cuma sifat-sifat Kit aja yang bikin kita ngerasa ditarik ke masa "lalu" tapi mulai dari bajunya yang gemas-gemas bocah gitu, properti kamarnya yang penuh glitter. Brie Larson beneran beda deh dari dia yang di Room sama di sini.







No comments:

Powered by Blogger.