Berhadapan dengan si pemilik status "punya"

Tergelitik buat nulis pengalaman soal sekolah dulu gara-gara status jouska yang viral ini



Aku tuh terhitung anak yang biasa banget waktu sekolah pasca jadi anak pertama abis adek-adekku lair. Prioritas orang tua lari ke mereka berdua dan itu bagiku wajar sih. meskipun sedih, ehe.

Masa aku tk itu makan di mekdi itu hal biasa, bukan yang perlu direncanakan. mau makan ayo, beli boneka boleh, mainan masak-masakan? let's go. baju lucu? oke aja. Begitu masuk sd semua itu jadi bukan hal yang biasa-biasa lagi. Beruntungnya yaa ibu itu ngajarin aku untuk nggak mendewakan barang-barang yang berasal dari merk bagus.

Misalnya barbie nih, ibu bilang daripada beri barbie asli buatan mattel mending beli boneka aja biasa. nggak ibu ga ngasih opsi beli barbie kw, tapi beli yang lain. menurut ibu barbie itu ga menarik lol. di sd orang tua udah punya anak tiga termasuk aku, jadi banyak biaya sekunder yang dicut untuk dialihkan ke kebutuhan primer.

Di bangku smp keuangan orang tua sempat kolaps. Nah disini aku ngerasain banyak hal yang aku tau orang tua nggak bisa afford, aku cenderung buat main aman sama anak-anak tertentu aja karena pergaulan masa smp itu mulai masuk ke arah yang mahal.

Temen-temenku mulai punya blackberry sedangkan aku baru punya lexus. Sumpah hape keren pertamaku punyanya waktu masuk kuliahan ini. Meanwhile adek-adekku udah pegang gadget canggih dari SMP lol. Kerasa norak aja waktu pertama kali pegang, gemetaran bener deh. Tapi ya itu karena baru tau rasanya punya hape bagus sendiri, bukan punya orang lain rasanya kaya mimpi.


Masalah lingkungan sekolah


Temen-temenku nggak musingin, nggak merendahkan juga di depan mata. Tapi adalah sekat-sekat nggak tertulis yang menandakan oh ini mainnya sama si ini, itu mainnya sama si itu. Karena mereka punya kebutuhan yang setipe, selera setipe yang bisa dipenuhi karena keuangan keluarga yang mencukupi.

Misal gini deh mereka pengen punya tas billabong, lah kalo yang dateng dari keluarga menengah biasa macem aku mana ngerti kan hal kaya gitu, Makanya ada circle khusus yang main bareng sama dari kalangan atas itu tadi. 


Apakah mereka mengintimidasi anak yang nggak setara sama mereka?


Berdasarkan pengalamanku sih enggak. Mereka tetep baik, nggak jelekin cuma yaa itu tadi tersisihkan otomatis aja kalo lagi main. Fair aja kalo main bareng dalem kelas dan sekitar sekolah, di luar otomatis berubah. Kita bakal main ke tempat yang sesuai sama kantong kita sendiri, kebutuhan kita sendiri.  

Pas baca status jouska itu jadi ngerti oh pergaulan anak jaman sekarang bisa makin seketat itu lingkarannya macem ibu-ibu komplek, udah mendadak sensus outfit yang dipake setara ga sama temen gengnya. Kalo enggak udah buang aja, cari anggota baru.

Scaryy

Untuk itulah aku bersyukur juga dulu waktu kecil nggak dibiasain punya barang bermerk terus, ditambah keadaan orang tua yang pernah turun. Jadi reminder aja sih biar ga ngeliat apapun dari merk. aku pernah ada di posisi kek gitu soalnya, liat orang berdasarkan apa yang dipakai, apa yang dibeli. Terus berusaha buat ngikutin, dan bye lah nggak sanggup lol. 

Makanya penting buat punya pendirian sendiri, orang yang punya status finansial lebih tinggi cenderung nyaman juga main sama anak yang status finansial biasa aja tapi bisa menyesuaikan diri. Belajar buat nggak minder karena udah punya kelebihan sendiri semacam skill bermain olahraga ataupun lainnya seperti menulis itu menambah kepercayaan diri sendiri.

Jadi ketika kita udah pede karena ngerasa punya bekal buat berhadapan yang lebih hebat maka orang nggak lagi gampang buat menindas diri kita sendiri. 

Yang masih bertahan sama lingkaran pertemanan toxic seperti itu aku harap kamu cepat pergi cari circle baru yang menghargai keadaan finansial kamu. Bukan demanding minta kamu menuruti kemauan mereka yang berujung naggak menanamkan kepedulian sebagai teman melainkan sebagai komplotan keren yang bisa dipamerkan kemana-mana.





No comments:

Powered by Blogger.