Decluttering following list


Awal tahun ini aku mulai dengan bersih-bersih following di Instagram. Rasanya enak bisa ngelepasin akun yang kita kira butuh padahal ya enggak juga. Ngefollow itu gunanya apa sih? Biar kita nggak ketinggalan update dari si empunya akun. Supaya tau konten apa aja yang dia buat, apalagi sekarang kan ada fitur instastories. Menurutku kalo kita ngefollow akun-akun influencer/ content creator/ apapun itu yang sifatnya memang kita butuhin sebagai ladang inspirasi dan informasi ngikutin instastories mereka bakalan jadi hal yang worth it sih.

Contohlah aja mas Bena Kribo, mbak Catwomanizer, ko Fellexandro (ini aku nyebutin sesuai id mereka di ig) konten yang mereka share emang bagus buat disimak gitu lho. Sifatnya mengedukasi followers, sama sesekali promosi sih. Tapi biasanya sih kalo influencer itu emang ngepromosiin barangnya nggak sembarangan. Beda sama kalangan selebgram yang kadang masukin peninggi badan, penumbuh payudara :)) di instastoriesnya. Kesannya nyampah bu. "Lah emang beda ya influencer sama selebgram?" Dari keterangan para warganet dan beberapa influencernya sendiri itu beda sih. Bedanya cari tau sendiri ya, banyak kok artikelnya di internet.

In the past I've trapped in "kalo jumlah followingnya lebih banyak itu kesannya ew" mindset. Syukur cuma jalan pas awal-awal main Instagram. Follower banyak itu semacem punya kepuasan tersendiri, oh oke akun kamu menarik lho buat di follow. Padahal ya yang menarik itu apanya ih, sering juga kok akun follower banyak tapi fotonya sama caption gak menarik di mataku. Balik lagi ke selera mbak mas bro. Selanjutnya malah jadi cuek dan bodo amat karena jumlah following seringkali kelebihan banyak dari follower lol. 

Ngegas liat akun inspiratif langsung deh follow, liat orang feednya bagus langsung deh follow. Tapi berdasarkan seleraku sendiri feed bagus biasanya kalah sama caption cakep. HAHA 
Aku lebih betah baca tulisan-tulisan orang sih emang. Kalo feed bagus itu emang buat hiburan, bentuk kagum ada sih orang telaten banget ngurusin feed (semisal dia nggak kerja sebagai fotografer ataupun orang yang kerja di bidang media sosial)

Perasaan yang didapet abis unfollow akun-akun Instagram di following listku: LEGA. Wow aku bisa ternyata ngelepasin akun sebanyak itu! Yang aku kira bakal berguna nantinya buat disimak kontennya terus-terusan, eh nggak butuh-butuh amat buat ngikutin apdetannya. Masih bisa nyari di search kan? Atau nggak di save aja jadiin satu folder? Toh sehari kamu mau nerima berapa banyak informasi sih?

Perasaan nggak rela buat melepas karena takut "barangkali butuh" itu emang pelan-pelan butuh aku jalani sih. Karena kalo terus tumbuh bakal kebiasaan numpuk. Numpukin hal yang sebenernya nggak perlu amat disimpen, tapi tetep diambil karena nggak rela kalo sampe hilang dan nggak ketemu lagi. Padahal kalo itu nggak ada kita juga bakal oke-oke aja.

Terlalu berisik jika diketahui semua, toh kita butuh secukupnya aja kan?

No comments:

Powered by Blogger.