Baru keliatan hilalnya!

Masuk ke jurusan ilmu komunikasi memberi sedikit pressure untuk menguasai hal kekinian. Semisal editing video, desain grafis, pembuatan konten, dsb. Aku termasuk anak yang nggak mahir-mahir amat dalam hal editing, fotografi aja juga kurang tau. Jujur aja, lingkungan kampus nggak terlalu kondusif dan suportif buat ngedukung skill improvement anak-anak didalemnya. 

"Ya kan belajar sendiri bisa?"

Iya aku belajar sendiri, tapi hasilnya kurang maksimal sampai sekarang. Berusaha menikmati proses, sabarnya itu lho, nunggu output yang abstrak buat keliatan jelas gimana bentuknya itu membosankan hehe :)) Apalagi anak yang gampang ke distract kaya aku.

Nah suatu ketika di semester 3 itu dapet matkul tentang digital imaging, ini asik sih. Tapi karena aku mix males juga nggak pede buat ngedesain atau maduin gambar (aku pikir cuma anak-anak tertentu yang punya taste bagus buat desain) aku kenalan sama photoshop. Di sini kenalannya juga pake drama sih, nonton tutorial juga cepet amat deh :( otaknya lama progressnya.

Well abis ada exhibition buat poster aku tertarik kenalan. Baru tingkat tertarik, belum utak atik lebih jauh. Pertengahan taun kemarin aku iseng buka photoshop lagi, mainin pen tool. Jadi bentuknya absurd banget, padahal mau ngecut gambar doang. Terus dari situ puncaknya aku belajar cari tutorial lain-lain tertarik belajar digital collage. Basicnya udah tau gara-gara kenalan di semester 3 itu kan, tapi niat belajar soalnya gemes liat hasil karyanya orang-orang di pinterest. 

Mikir, masa sih nggak ada yang bisa aku hasilin? Apalagi orang-orang jaman sekarang bertalenta banget. Bisa nguasain desain, nulis, edit. Semuanya deh, memaksmilkan potensi yang dimilikin. Seperti yang aku sebutin di atas, belajarnya ini butuh waktu yang lama buat liat hasilnya. Hasil yang kita mau, apalagi kalo belajarnya otodidak. 

Dan baru di bulan ini. Hilal hasil belajar setaun ke belakang udah lumayan keliatan hasilnya. Karya-karya absurdku nunjukin hasil yang lumayan baik sekarang. Keliatan gitu lho maksudnya, udah lumayan rapi ngecutnya. Tau ukuran yang pas buat Instagram. Wah! Baru kerasa lho dari belajar digital collage secara otodidak ini kalo kita belajar terus menerus bakal ngerasain perubahannya kaya... magic? 

Tiba-tiba membaik, berubah. Bisa nyesuaiin warna sedikit-sedikit. Ketika kamu menghargai proses, hasilnya bakal jadi sesuatu yang berharga. Perkjalan menuju kesempurnaan emang masih jauh, tapi dari sini aku belajar banyak. Dan bakal bersabar buat ngelatih diri ini. 

No comments:

Powered by Blogger.