Thanks Mrs Oprah! (What I know for sure)

Unsplash.com

One of the best decision I made in beginning of 2019 is to read Oprah's book. What I know for sure. Aku gak ekspetasi apa-apa sama buku ini, niatnya baca juga biar nggak kelewat dan malesnya muncul lagi ngilangin selera baca. Kan sayang udah masuk wishlist dari lama eh malah dilupain gitu aja.

And I didn't expect this book will become my best cure now. Pikiranku awut-awutan minggu ini, urusan exchange yang mendadak bikin diri ini melongo dan meledak di saat yang sama udah banyak menyita perhatian.

Kalo udah kaya gini energi negatif itu gampang banget ketarik ke dalem, bawaannya jelek terus. Moodku naik turun, ngerasa marah tiap waktu ngurusin sih enggak. Cuma ya gitu kata temenku nada ngomongnya ngegas hehe :(

Jadi di dalem bukunya Oprah ini ada 2 hal yang masuk ke highlight utama aku. Btw buku ini jadi yang pertama kali aku coret-coret pake stabilo, wow enak sih?! Aku suka sayang gitu lho buat coret-coret buku, tapi berkat ini jadi kepikiran ngelakuin lagi di buku lainnya.

"You have to fix yourself first before helping others"

Diri kamu capek, tapi berusaha buat bantuin orang diluar kemampuan. Adanya nanti malah stress. Ga perlu jadi sok pahlawan ketika kamu belum bisa nolong dirimu sendiri. Maksudnya menawarkan bantuan yang berlebih-lebihan, nggak sesuai sama kemampuan diri. Yang kerepotan siapa?
Diri kamu sendiri. Bakal gampang capek dan kesel dua kali lipat. Udah bantuin orang nggak sesuai sama apa yang kamu bisa, belum nyelesein emosi dalam diri. Ini yang aku rasain sekarang. I won't give them a promise, kesempatan seolah bisa bantuin semuanya. Nope, I prioritize myself first so I can help you too. In my own capacity of course.

"Letting go people who give you energy negatives over and over again"

Ini penting banget sih. Waktu aku marah mikirnya "yaudahlah cut aja orang kaya gini dari hidup" tapi dengan kemarahan. Nggak baik-baik. Oprah disitu nulis buat saying goodbye. It means you have to let go in good terms right? Ya udah mindsetku jadi berubah positif, aku mutusin orang-orang yang ada disekitarku dan ngasih energi negatif dengan niat baik. Supaya nggak bikin down, naikin emosi, kita nggak lagi berhubungan kaya dulu. So I can let them go lightly. Myself deserve a peace right?


No comments:

Powered by Blogger.