REVIEW: Room (2015)


Disini ada dua tokoh utama, namanya Ma dan Jack. Keduanya tinggal di ruangan yang sempit, nggak pernah keluar ruangan selama kurang lebih tujuh tahun. Terus gimana dong mandi sama buang hajatnya? Jadi satu disitu. Ada dapur, ada lemari. Semuanya serba ada. Jack cuma kenal dunia di dalam ruangannya, berkat cerita Ma dia jadi punya keseruan sendiri. Mereka berdua ditawan sama laki-laki bernama Old Nick.

Oh iya, karena abis nontonin the Florida Project aku jadi mikir yang enggak-enggak liat si Jack dimasukin Ma ke dalem lemari. Inget si Moonee dimasukin bathub mainan sama bebek plastik, biar mamanya leluasa di luar :)) Well, it's not. Nggak gitu kok jalannya ternyata. Keadaan Ma ini beda jauh sama Mamanya Moonee. Ma nggak punya pilihan selain tunduk ke perintah Old Nick, kalo enggak nyawa dia dan Jack terancam.

Nggak kerasa Jack udah masuk usia 5 tahun, Ma ngerasa ini saat yang tepat buat ngajak dia bekerja sama keluar dari ruangan sempit ini. Sedih sih sebenernya liat Jack dilatih bak militer dadakan, gulung sana gulung sini. :") Hamdalah berhasil!

Lewat film ini kita bakal disuguhin proses recovery kedua orang ini dari ruangan sempit ke dunia luar yang amat sangat luas. Jack ngiranya dia tinggal di luar angkasa terus sih abisan lol. Asing gitu ruangan yang dia tinggalin bisa seluas itu lho?!

Kerasa banget lho si Ma itu bener-bener pengen ngedidik Jack dengan segala usaha dan hal yang dia punya di dalam ruang berukuran sempit itu. Diajarin olahraga, bikin kue bareng. Dikasih dongeng-dongeng cakep. Yaudah berasa beneran itu motherhoodnya ditengah situasi dan rasa sakit yang dihadepin seorang remaja dalam masa transformasi menuju dewasa.

Perih. Pedih liat Ma nyadarin kalo temen-temennya udah sibuk sama urusannya masing-masing, udah 'kepisah' tujuh tahun juga sih. Liat orang tua pisah udah lama, dan mama udah move on. Tapi mamanya suportif banget, mau nerima Jack jadi bagian dalam keluarga. Beda sama reaksi papanya si Ma ini, tapi ya bisa ku mengerti juga kenapa papanya bersikap gitu. Secara... Jack hasil dari laki-laki yang nyakitin anaknya juga kan setelah sekian taun.

Jack ini ngerti banget sih sama keadaannya. Emang dasarnya juga si Ma ini pinter kan, jadi cara dia ngedidik Jack juga bagus sih, bisa ngajak dialog dari hati ke hati. Jack juga jadinya peduli banget sama Ma dan perhatian ke keadaan sekitar. Dia nggak ragu lagi buat bilang sayang sama neneknya setelah lumayan lama ngabisin waktu bareng.

Bisa move on lumayan cepet, anak sekecil itu. Cool
Terbuka sama keadaan sekitar yang asing tentu juga sulit kan, tapi Jack bisa ngatasinnya. Jack emang cerdas huhu. Selama nonton film ini aku was-was aja sih, takut mereka berdua ngadepin hal yang nggak diinginkan. Tapi kan harusnya inget ini bukan genre thriller gitu, harusnya dinikmatin aja sih bukan curiga sana-sini.

ROOOM! Aku auto sayang sama Brie Larson deh <3




No comments:

Powered by Blogger.