Belajar ambil keputusan



Tumbuh jadi manusia dewasa ngebuat aku sadar kalo lingkungan sekitar jarang melatih anak-anak buat aktif ikut memutuskan sesuatu yang penting. Misalnya keputusan buat sekolah dimana, kamu suka nggak sama mata pelajaran yang diambil? Enjoy nggak buat tetep stay sama lingkungan yang sekarang?

Begitu mereka dewasa mereka kaget buat dilibatkan didalam pengambilan keputusan yang seharusnya udah mereka pahami. Misalnya ya dari kasus yang kecil deh, kerja kelompok di dalem kelas. Ini aku yang heran kenapa pada suka ngikut sih? Kalo punya usulan itu dikeluarin, jangan disimpen sendiri. Menyerahkan keputusan buat diambil sama orang lain. Nggak mau ribet. Padahal ini pangkal ribet. Iya kalo satu prinsip gitu, nah kalo enggak? Puyeng dah ngerjainnya berjamaah wkwk.

Jadi inget dulu aku lumayan dapet kesempatan buat memilih hal yang aku mau salah satunya soal sekolah. Hamdalah sih walaupun dari SD sampe SMPnya ngikutin temen aku sadar kalo emang aku mau disana. Jadi ya nggak berat hati juga ngejalaninnya, apalagi waktu di masa sekolah di GP. Karena itu keputusan penuh aku sendiri enjoy banget sih nerima tantangannya. Ngerasa punya tanggung jawab, jadinya nggak mau nyerah gitu aja waktu tau nggak betah tapi yakin bakal lulus dari sana :))

Ada banyak kasus disekitar aku yang mana mereka kebingungan buat mutusin hal-hal penting bagi diri sendiri. Selain kasus tugas (ya lagi-lagi contohnya tugas) kalo misal ditanya gimana plannya, katanya yaudah jalanin aja apa yang ada di depan. Sayangnya yang ada di depan itu seringnya dipikirin sama dikeluhin. Nunggu udah bahaya atau mepet baru diatasin. Kenapa suka ngandelin orang lain? Padahal orang itu nggak punya tanggung jawab sama dia.

Belajar ngambil keputusan sendiri itu manfaatnya banyak. Tau tanggung jawab, latian buat nimbang solusi mana yang paling baik buat diambil. Nggak nyalahin lingkungan sekitar buat hal-hal yang terjadi sama diri dia soalnya ya itu kan sadar dia ngebuat keputusan tanpa dipengaruhi siapa-siapa. Ada cita-cita buat ngelatih anak sendiri (kalau sudah waktunya nanti) belajar secara sadar bahwa dia punya kendali atas hidupnya sendiri.

No comments:

Powered by Blogger.