Nulis buat diri sendiri

Aku galau dari beberapa bulan yang lalu. Waktu keinginanku buat nulis bangkit lagi. Fyi saudara-saudara diriku ini sempat mengidap writer slump selama 2 tahun lamanya. Ya enggak bener-bener 2 tahun banget utuh ga nulis apa-apa sih, tapi selama 2 tahun itu aku ngerasa kalo apa yang aku tulis tuh sampah bener. Nggak ada bagus-bagusnya dan berfaedah buat dishare ke orang lain. Adanya aku malu dan mundur, lalu bersiap mengucapkan selamat tinggal ya tulis menulis kamu memang bukan duniaku. Aku pinternya cuma baca doang ternyata.

Tapi hati ga boong dong saudara-saudara. Bilangnya bukan bakat, bukan kesukaan, tapi kok selama masa nggak percaya diri itu menyerang hati ini nggak rela buat ngelepas hal itu. Buktinya apa? Tiap ketemu artikel yang so so aja (menurutku) aku langsung ngebatin ya aku bisa kali nulis kaya gitu...

Ok, sorry

Sebenernya nih sebelum mampir ke dua website terakhir yang sekarang lagi doyan aku sabanin buat submit artikel aku udah pernah nulis di dua website khusus cewek. Dan emang aku enjoy di sana, nulis hal-hal yang punya concern khusus ke perempuan. Mungkin karena bacaanku dari dulu lebih menjurus ke dunia perempuan ya?

Selain itu aku juga lumayan kebingungan buat nentuin apa yang penting aku tulis ketika mampir di dua web baru itu. Tiap kali mau nulis ya yang kepikiran tema-tema cewe terus lho hahaha :") *sad makanya nyadar banget ini tiap artikel kok kualitas tulisannya naik turun kek roller coaster di Jatim Park???

Kenapa nggak nulis yang temanya dunia cewek lagi? Kan disana temanya luas?
Ya karena luas itu aku mau eksplorasi tema-tema lain. Susah? Ya emang wkwk. Makanya jadi belajar dan nggak gampang meremehkan. Tiap ada artikel naik jadi bersyukur, oh ternyata editor mereka suka yang model begini. Oke

Aku juga nekanin sih ke diri aku sendiri "well as your writing skill will be improving!! Keep it up" Alasan yang paling utama dulu kenapa bisa berhenti buat nulis ya karena temen-temen aku yang suka nulis tuh tulisannya bagus-bagus banget gila. Itu mereka udah level A aku masih stuck di level B- nggak naik-naik ya hello.

Terus makin kesini makin nyadar kalo concern kami beda. Gaya penulisan beda, apa yang kami baca berbeda. Nggak sebandinglah buat dicompare satu sama lain. Dan aku lega. Lega menerima kualitas tulisanku yang memang begini, nggak merasa lebih rendah atau dia lebih tinggi. Yang perlu ditingkatkan ya kualitas tulisan antara aku dan orang-orang yang punya minat sama kaya aku. Bukan cari yang terbaik diantara kita tapi jadi yang terbaik untuk diri masing-masing.

Dan mulai bersahabat sama tulisan buat diriku sendiri, yang kaya aku tulis di blog ini. Makanya aku latian banget buat nggak ngata-ngatain diri aku waktu abis nulis. Karena diri kita tuh paling pinter kalo ngehujat hasil yang kita buat. Mungkin hal lain selain tulisan juga berlaku buat diri kalian di luar sana. Yang ngakunya suka gambar terus ngerasa gambarnya kok nggak tambah baik dan sempat memikirkan buat pergi tapi malah makin kepikiran dan gregetan, jangan langsung dilepas ya. Percaya kalo hal yang kamu suka itu bisa bikin diri kamu sehat mental dan jiwanya, karena bisa terus berkarya. Coba berteman sama apa yang kamu suka, berlatih buat ngeencourage diri sendiri. Karena siapa lagi yang mau usahain selain kamu?

langganan unsplash




No comments:

Powered by Blogger.