"Iya, kan aku nggak pinter kaya kamu"

Kalimat terannoying yang baru aku sadarin kemarin, di depan halte dkg 6. Disitu aku diingetin sama salah satu omongan temenku yang bilang kalo aku gampang menyerap pelajaran karena pintar?

In fact, i never feel that i am smart?


Aku marah karena dia nggak tau gimana rasanya belajar menjejalkan vocab-vocab bahasa inggris ke kepala sampe pening.
Aku marah karena dia nggak tau gimana enegnya dengerin vlog bahasa inggris atau nontonin film bahasa inggris supaya terbiasa dengerin dan tau pronounce sampe gumoh?

Ya itu tadi susah, tapi mana dia tau kalo udah nolak duluan buat belajar?
Selama aku exchange disini kendala paling besar tentu dari segi bahasa dan logat yang jauh beda. Sefluent apapun kamu kalo bicara sama para warga lokal pasti nemu kesusahan juga. Menolak buat belajar dan menyalahkan keadaan adalah hal termudah yang bisa kita lakukan untuk dijadiin alat pembenaran kalau dunia nggak adil. 

Mungkin caraku menyampaikan ke dia juga nggak lembut seperti yang lainnya, ya aku juga kaya gitu karena liat keadaan disini. Exchange cuma 6 bulan, kalo nggak cepat bergerak nanti kita yang terlambat. Aku apresiasi banget sih temen yang belum lancar ngomong ataupun nulis pake bahasa inggris tapi usaha kuda. Bahasa melayuku pun juga payah banget, ngomong suka salah tangkep juga, padahal udah mau satu bulan di UUM. Begitupun juga sama bahasa inggris yang rata-rata banget, grammar masih sering salah pun.

Life is never fair tho, aku belajar bahasa inggris otodidak aja kualitasnya masih jauh dan perlu ditingkatin. Sedangkan ada temenku yang belajar otodidak bisa lancar dan jago, kemampuan dan kapasistas otak tiap orang beda makanya aku juga belajar berdamai dari situ. Even I always ended up blaming myself over and over again.

Menyematkan kamu itu pinter sih  tanpa tau effort orang yang bekerja dibelakangnya itu sama aja underestimate kalo apa yang diperolehnya buah usaha, kesabaran dan pengorbanan dari lama. Aku belajar juga dari sini untuk berusaha menghargai dan ya enggak bilang tepat didepan orang yang aku mintain ilmu kalo dia pinter makanya hasil yang dia dapet bisa bagus, secapek-capeknya sama keadaan diri sendiri. 

No comments:

Powered by Blogger.