Belok Kanan Barcelona (2018)

Actually no one cares bout Ucup, except us #TimUcup (Bentuk solidaritas) 


Ea, langsung pasang foto dia kesiram air :(

Siapa yang udah nonton belok kanan barcelonaa? Cung! Aku udah lama ini nontonnya September kemarin bersamaan dengan kunci motorku yang ilang di dalem bioskop (hamdalah ketemu setelah nunggu 2 jam-an) Ini film diangkat dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya. Udah tahu film Sabtu bersama Bapak? Itu salah satu film Adhitya Mulya juga yang mana Deva juga main jadi salah satu pemeran utama jadi adiknya Arifin Putra. Waktu itu aku Tim Saka garis keras :D dan di sini aku jadi Tim Ucup juga. Apa benernya tim Deva nih lol

Belok kanan barcelona bercerita tentang satu geng beranggotakan 2 laki-laki dan 2 perempuan yang terjebak cinta segitiga, em segiempat sih sebenernya. Cowok pertama yaitu Francis (Morgan Oey) dia anak pindahan yang akhirnya gabung sama gengnya Ucup dkk ini. Francis itu tipikal cowok idaman, pinter main musik, santun, tampan dengan standar ganteng yang ada di Indo pada umumnya, pinter bikin hati wanita meleleh tanpa perilaku yang berlebihan alias lebay karena karismanya udah oke! Next ada Ucup (ini dia kesayangan aku :)) diperankan sama Deva Mahenra. Ucup ini kebalikan Francis banget deh. Tipikal cowok gemas yang rawan di friendzone (ngakak sendiri nulis ini) siap sedia dalam segala keadaan. Tahan banting bro! Terbukti dari beberapa kejadian dadakan yang terjadi dalam perjalanan menuju Barcelona. 

Anggota cewek. Ada Retno dan Farah. Retno (Mikha Tambayong) ini pinter masak, anak penurut sama orang tua, alim taat agama mana manis lagi (tambahan) anggun ya tipikal cewek idaman di film-film sih. Sedangkan di sebelah ada si Farah (Anggika Bolsterli) anaknya aktif, ceria, humble, gampang berbaur sama siapa aja. Rada rese kadang lebih ke jail sih. Apa kesamaan dari keduanya? Sama-sama suka Francis sodara-sodara :(

Beberapa tahun setelahnya mereka berpisah. Keempatnya tinggal di berbagai belahan dunia dan kembali disatukan setelah mendengar berita bahwa Francis bakal nikah dan dia minta sama temen-temennya buat dateng ke acaranya. Galau dong galau ini pada dateng apa nggak. Yang pertama nolak sih si Ucup ya, karena dananya yang nggak ada dan keadaan kantor dia hectic parah. Farah nggak bisa pergi sebab tanggungan kerjaan kantor yang mengharuskan dia keliling ke beberapa tempat buat survey lokasi. Nah ternyata si Retno bisa dateng nih ke nikahannya Francis. Pernyataan Retno ternyata memancing Farah buat usaha dateng ke Francis. Ucup yang awalnya nggak mau dateng karena keterbatasan dan mau nggak mau usaha dateng karena si Farah, ikutan pergi buat nemuin Francis. Selamat lho Francis berkat kamu semuanya jadi kegerak buat pergi. 

Well sebenernya kepergian Retno, Farah dan Ucup pergi buat menemui Francis itu diselubungi niat yang beda dari masing-masing individu tapi satu tujuan yaitu buat menyampaikan rasa yang tersisa di benak mereka semasa SMA dulu. Jadi keempatnya ini belum sepenuhnya move on, pura-pura aja supaya enggak memperpanjang urusan diantara mereka. Yang mana sebenernya diantara keempatnya hanya 2 orang yang paling transparan diantara 2 yang lain. 


Di film ini kita bakal diajak menikmati keindahan kota-kota yang ditempati dan dikunjungi dalam perjalanan ketiganya buat menemui Francis. Scene paling kocak selalu di tempatnya Ucup sih, apalagi yang bagian pastor sama biarawati yang sepesawat sama dia. Tapi sebagai tim Ucup nih aku juga menaruh kekecewaan buat Ucup. Kenapa dia bisa selfless sekali? Alias udah sekian lama berteman dan mendengar keluh kesah yang diceritain sama temen-temennya dan dia nggak membuka obrolan tentang apa yang selama ini dia rasain kepada mereka berempat yang paling utama sih ke Farah Thanks God Ucup dapet enlightment setelah nyasar ke daratan Afrika, dia dapet penyemangat dari omongan bapak-bapak random. You have to had a courage to tell. Siapa yang berani bakal mendapatkan apa yang dia mau.

#MAJU UCUPPP! (ngos-ngosan dalam hati)

Salut sama Ucup, ditengah ketidakpekaan temen-temen dia sama keadaannya sedari SMA hingga masuk dunia kerja dia bisa tetap melangkah buat maju. Toh ya memang keluarga Ucup butuh perhatian yang lebih banyak juga dari Ucup. Tapi hati dia itu tahan banting, tahan dicurhatin tentang laki-laki lain dari perempuan yang dia suka. Ya gitulah sakit-sakit sedap, walau perih tapi masih dianggap sebagai teman dekat. #yha tapi usaha memang nggak mengkhianati hasil memang terbukti benar. Ngeliat Ucup bisa menyampaikan apa yang udah disimpannya selama ini memang patut diapresiasi, Ucup deserves better pokoknya ;)



No comments:

Powered by Blogger.