Obrolan bareng Ibu Kantin



Dapet jatah kuliah malem di kampus. Pas abis sholat maghrib bareng temen di masjid smamda baru sadar kalo hape ketinggalan di lab radio. Deg-degan juga sih nginget ketinggalannya tuh di lab apa di meja depan aula. Untungnya bener ketinggalan di lab! Malah udah diumumin sama aslabnya via wa. Karena udah kepalang tanggung balik ke lab yaudah akhirnya beli makanan ke kantin sambil nungguin yang lain. Eh ujungnya mereka ga dateng :))

Tapi karena mereka ga dateng saya jadi dapet cerita baru dari salah satu ibu yang punya kedai di kantin kampus. Awalnya si Ibu ini tanya-tanya kan saya anak fakultas mana, jurusan mana. Anak pagi atau malem (di kampus saya ada kelas malem buat anak yang udah kerja) saya tanya baliklah ke ibu. Sungkan kalo ga nanya balik, ujungnya ntar krik-krik dan posisinya emang cuma berdua aja. 


"Anaknya kuliah dimana bu? Disini juga?"
"Oh enggak mbak. Kuliah di UNAIR"

Kagum stage 1 karena UNAIR adalah kampus dambaanku dulu *curhat

"Oh UNAIR. Jurusan?"
"Sastra Inggris"
"Anaknya ngekost apa PP (pulang pergi)"
"PP aja kok mbak, orang Sidoarjo ini kan"
Ibunya lanjut bilang
"Yang kedua sekarang ngajar di UIN. Dulu kuliah di UNAIR juga S2 nya ambil sastra inggris"

Kagum stage 2. Aduh ibu ini diam-diam menghanyutkan. Sapa yang nyangka loh anaknya dosen mana dua-duanya kuliah di UNAIR. 

Mulai antusias
"Kadang dateng mbak yang ngajar di UIN itu sore. Kalo kerjaannya udah kelar. Tapi ya kadang disambi sama yang lain. Kaya nulis-nulis gitu"
"Emang nulis dimana bu?"
"Nulis buat web dari amerika sana lho. Lumayan satu tulisan dapet 3 dolar"

Kagum stage 3. Astaga anaknya nulis juga loh :") pas aku tanya web apa ibunya nggak jawab. Tapi katanya bukan artikel ilmiah atau akademik gitu sih. Mungkin artikel-artikel inspiratif?

"Kalo anak saya yang terakhir itu aktif di dunia entertainment. Suka ngemc mbak. Besok dateng aja ke pazkul dia jadi mc acara DANS (Duta Anti Narkoba Sidoarjo)"
"Wah temen saya kemarin juga ikut itu dan jadi salah satu finalisnya sih"

Salut sama si Ibu kantin ini. Saya nebak beliau orang yang suportif sama pendidikan anaknya. Dari cara beliau cerita tentang perkembangan karir anaknya yang jadi dosen sampe anak bungsunya yang aktif ngemc dan pernah masuk di bawah dinas pariwisata. Terlibat sama percakapan random dengan Ibu-ibu udah 2x ini saya alamin. Pertama di stasiun kedua di kantin. Walaupun kadang males juga buat cerita-cerita sama stranger dan memilih buat ansos sejenak a.k.a pasang headset dan auto tidur tapi saya gak menolak sih kalo nanti dapet kesempatan ngobrol random sama stranger lagi. 



No comments:

Powered by Blogger.