Selagi Mudik


unsplash.com


Mudik tuh jadi ritual wajib taunan di keluarga saya, kota yang paling sering disambangin itu Ponorogo. Rumah keluarga besarnya ayah, sedangkan kota kedua Lampung kediaman keluarga besar ibu itu dikunjungin beberapa taun sekali. Sebagai keluarga perantau yang nyasarnya terlampau jauh (kata orang-orang disekitar saya ya, kalo keluarga sih biasa aja karena udah kebiasaan lol) saya mensyukuri jauhnya jarak yang ada. 

Walaupun ya mudik itu bikin capek, apalagi kalo menempuh rute yang rawan macet. Kecuali naik transportasi umum macem pesawat sama kereta sih macet bisa dihindarin. Soalnya nih ga semua orang di sekitar saya berkesempatan ngerasain serunya mudik, packing baju, nyiapin oleh-oleh buat sanak saudara di rumah sodara, ditunggu-tunggu kehadirannya sama orang di rumah sana. That priceless feelings!

Sepanjang mudik biasanya para pemudik ini berjuang buat mengusir rasa bosan yang ada. Mulai dari ngobrol sama adek/temen/ortu, dengerin lagu dan yang paling ampuh tidur! Haha. Seriusan apalagi kalo kamu betah molor, waktu melek tau-tau dah nyampe tujuan. Tapi ya gitu muka udah kusut ga berbentuk

Kemarin banget saya nemu template insta story dari kompas muda, ya isinya kegiatan apa aja yang biasanya dilakuin waktu mudik. Dan dari 16 pilihan yang ada lebih dari setengahnya udah pasti saya lakuin dalam perjalanan mudik. Ini dia top three pilihan saya:

1.      Nonton film/video di handphone

Plis, plis, plis pastiin punya stok video di hape kamu. Sangat saya saranin buat mendownload video you tube offline. Karena jenisnya banyak kan? Mulai dari mukbang, beauty stuff, movie, unboxing xD (saya suka loh denger suara orang yang lagi bongkar-bongkar paket) sampe video-video lucu. Tinggal pilih aja sesuai kesukaan. Apalagi kalo ngelakuin perjalanan sama keluarga, ajak sekalian adek/kakak buat nobar.

2.     Update berita kondisi jalan
Saya belum pernah ngelakuin ini buat dishare via medsos, biasanya update kondisi jalan cuma buat sodara aja yang tanya “udah sampe mana? Macet nggak?” tapi karena ini muncul jadi salah satu pilihan di template kompas muda saya pun jadi tertarik buat nyoba. Siapa tau kan bermanfaat buat orang lain yang juga kebetulan mudiknya searah?

3.     Melihat jalanan dari jendela
Wah ini kegiatan wajib ain saya selain tidur, apalagi kalo kondisi mobil lagi hening sepi. Ngeliatin jalan, kendaraan yang lewat dan bangunan yang dilalui selalu jadi hal yang menyenangkan buat dilakuin. Bahkan kalo saya masih inget sama keadaan tempat yang dilewatin waktu mudik taun kemarin bakal saya bandingin sama keadaan sekarang. Dan karena udah familiar pastinya juga langsung ngenotis kan kalo ada perubahan di jalan yang biasanya dilaluin. Kadang juga saya memanfaatkan momen ini buat berkontemplasi sama diri sendiri sih.

Itu dia top three pilihan saya, hbu? Kalo mau mainan template insta story kompas muda jangan lupa mampir ke akun ignya ya 😉

Thanks for reading 


No comments:

Powered by Blogger.