Tempat Berbagi



Selama saya aktif lagi dalam dunia pertwitteran, medsos yang sering dikeluhin karena gampang bikin penghuninya lelah itu Instagram. Why? Penuh dengan gambaran tidak realistis alias indah banget idupnya jalan-jalan terus isinya. Diliat dari mana? Insta story dan feed miliknya. Begitu keluhan-keluhan netizen yang sering saya temuin.

Memang betul kita sebagai pengguna medsos cuma mau nunjukin apa yang kita mau tunjukin. Dan memang yang sering ditunjukin ya keadaan yang bahagia-bahagia aja. Yakali lagi frustasi mau ujian, nangis-nangis videonya diupload di medsos. Buat bahan candaan iya da. 

Saya juga pernah ada di posisi “susah ya make Instagram. Nggak ada foto pas buat diupload” maunya ngikut tren, lalu ingat anaknya bukan yang mau susah payah untuk ikutan tren karena gampang capek lol. Foto selfie kurang suka, pemandangan jarang. Isi feed saya random. Banyakan buku, foto tempat yang saya kunjungi, potret yang saya suka. Ya semau sendiri aja.

Kegerahan netizen memuncak saat fitur instastory dan kawan-kawannya muncul. Dari fitur ask me a question sampe IG TV. Perdebatan soal “gimana cara pake fitur question yang paling bener” jadi trending di twitter. Threadnya udah dapet rt banyak banget. Turns out it was wrong. Imho it is user right to use “ask me question” in any form. Mau dipake buat nanya atau nyuruh orang tanya mah bebaskan aja.

Kemunculan fitur insta story dkk ini ternyata jadi tempat yang menyenangkan buat para temen-temen user ig berbagi. Beberapa influencer sama akun yang dibuat khusus untuk nampung uneg-uneg warganet make instastory sebagai medium buat bercerita, buka polling, tanya-tanya. Share pendapat. Salah satu akun yang baru aku ikutin kemarin namanya NKCTHI singkatan dari Nanti Kita Cerita Hari Ini.

Nebaknya sih akun ini itu ada buat launching buku baru, ya semacam akun stories for rainy days bukunya Naela Ali gitulah. Eh ternyata bukan, akun ini ada sebagai tempat buat buat curhat dan berbagi pikiran tentang apa yang terjadi dan dialami sama para follower di tiap harinya. Kadang adminnya juga gentian tanya lewat fitur ask me a question. Pas baca curhatan para follower, saya sebagai bagian dari warganet merasa dekat sama cerita yang dikisahkan empunya. Ada yang relatable bangeet woi, tapi ya ga sedikit yang. Hm sedih amat yah :’) atau wow, is this even real? Jadi bisa ngeluarin beberapa ekspresi muka dalam satu sesi instastory.

Buat kamu yang gerah sama isi Instagram/story yang isinya pamer-pamer doang coba main-mainlah ke akun semacam NKCTHI. Ada beberapa akun lain yang sering ngebuka sesi sharing sama para followernya. Yang saya follow ada: Jouska (ini akun finansial) catwomanizer (ngebahas soal relationship) social junkee (street photographer, suka ngebuka diskusi lewat instastory, bahas buku yang lagi dia baca) editor gagas media, ry azzura (bahas perihal buku, personal life) hari dan hati kamu bakal terasa hangat nantinya

Sudah siap buat berbagi dan membagi cerita teman-teman?


No comments:

Powered by Blogger.