Hemat budget buku ala mahasiswi 2k19

Ngerasa nggak sih buku-buku sekarang makin pricey huhu :") kantongku yang anak mahasiswa ini harus pilih-pilih kalo mau beli. Beli ga ya beli ga ya, ah yaudah enggak. Meski enggak tapi aku masih aja boros (kalo kumat yeu) but it goes better lah dibanding taun-taun awal kuliah. Maksain beli buku tapi uang jajan banyak terpangkas, sedangkan tau sendiri jajanan tuh sekarang makin enak-enak?! Dulu masih bisa nahan, sekarang mana tahan *hah



Di sesi kalap-kalapnya aku masih bisa ngakalin kok, caranya gimana? Aku dapet banyak buku dengan harga miring yuhuu. Kantong aman, persediaan buku aman. Win-win solution! Aku aplikasiin ini dari taun kemarin. Ini dia beberapa tipsnya:

1. Rajin ngecek promo diskon di situs toko buku online, utamain yang cabangnya gede ya

Cabang gede biasanya provide jenis buku yang lengkap, kan rejekin nomplok kalo diskonnya nyasar buku favorit kita? Kemarin aku dapet rejeki nomplok banget, buku inceranku terbitan pop gramedia judulnya: Hello NY ini harga aslinya kena 90 ribuan. Pas diskon jadi 25 ribu wowow?! *tanpa pikir panjang langsung klik order hehe. Sepertinya rejeki ini buah dari kesabaran yang udah terpupuk lama semenjak sering nemuin buku itu di Gramedia Lippo.

2. Ikutan giveaway

WKWK, percayalah ini bakal menekan pengeluaranmu banget banget. Kalian tau aku udah beberapa kali ikut giveaway ini dan alhamdulillah belum rezeki *curhat?! Biasanya aku ikutan di akun penerbit buku langsung. Pilihin yang udah aku incer dari lama mana, jangan asal ikut semua kalo saranku. Soalnya ini kan dikasih cuma-cuma sapa tau ada yang beneran pengen dan gaada duit atau susah akses buat beli. Baiknya kita permudah rejekinya buat mereka 

Giveaway ini nggak terbatas sama penerbit buku aja sih, ada juga dari akun-akun personal (ini kadang bayar ongkir) ada dari penulisnya langsung! Gunain media sosial seefektif mungkin untuk menjaring kesempatan giveaway kaya gini.

3. Tukeran buku

Dewasa ini ya temen-temen, aku agak susah nemu temen yang suka baca buku. Sekalinya suka eh seleranya beda, nah untuk itu lagi-lagi balik ke media sosial. Sering posting buku yang lagi kalian baca, atau incer. Itu mancing obrolan atau kekepoan, beberapa kali aku hampir dapet pinjeman (walaupun itu cuma dari kating atau temen beda fakultas) karena sosmed itu tadi. 

4. Subscribe peminjaman buku online

Eh pernah denger bookabuku nggak? Jadi situs ini nyediain peminjaman buku secara online dengan matok biaya. Bukunya lengkaap, aku pernah niat untuk nyoba tapi aku kuburkan dahulu hehe. Kalo kamu tipe pembaca cepat aku pikir worth it buat dicoba, selain bacaan kamu bisa sering ganti tiap bulannya ini juga meringankan kamu dengan nggak memenuhi rak buku terus-menerus. Tar kek aku ni kena omel ibu gegara jadi tukang menuhin rak wkwk:(

5. Beli ebook

Ini nggak kalah hemat, diskon yang dikasih waktu hari-hari atau perayaan tertentu lumayan banget. Enaknya bacanya bisa lewat hape lagi, nggak perlu bawa highlight kemana-mana (misal kamu doyan nandain kata-kata penting) cocok banget dibaca pas lagi nungguin temen kerja kelompok dan doyan ngaret berjam-jam.

6. Dateng ke pameran buku

Rasanya semua pembaca buku udah khatamlah kalo ada pameran buku hukumnya makruh bila ditinggalkan. Alias diskonnya menggiurkan deh?! Kamu bisa ngadopsi dua buku dengan harga satu buku yang biasanya dipajang di toko buku di mall-mall. Suka buku impor? Dateng aja ke event big bad wolf. Dijamin nggak keluar-keluar kamu 

7. Cuci gudang mall

Di salah satu mall di Sidoarjo tepatnya Sun city nyediain tempat khusus buat cuci gudang buku di dalem supermarket Giant. Dulu banget disini masih ada Karisma, eh tapi sekarang tergerus dong sama Richeese Factory. Nah aku mikirnya itu buku-buku dari Karisma sih, atau enggak stok-stok dari Giant cabang lain. Koleksinya lumayan cakep dan satu buku dihargain mulai dari 10 ribu aja.

Itu dia beberapa tips yang aku jadiin pedoman dalam berburu buku murah, usahain jangan beli bajakan ya. Mending pinjem aja, udah tau kan masalah harga buku mahal ini sebenernya juga nggak ngasih untung yang lebih banyak juga ke penulis, hm :/. Complicated memang

6 comments:

  1. Wkwkwkwk nice suggest kakaka🤗

    ReplyDelete
  2. Aku suka pake diskonan dari Gramedia sih. Atau beli buku bekas yg kondisinya masih bagus 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini jugaa, saran aku cek adopsibuku di ig kak. Di sana suka upload buku-buku bekas layak baca yang bisa diadopsi gratis

      Delete
  3. Kalo mau gratis, bisa ke perpustakaan kak.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, fasilitas perpus di kota juga makin bagus. Bikin betah nongkrong disana

      Delete

Powered by Blogger.