Review Buku: Rules of Love


Covernya putih simple, ada tanda tagar dan hati ditengah sampul. Kesan yang aku anggep dari buku ini sederhana aja, sasarannya untuk kaum milenial. Secara ini tagar kan hits banget di masa-masa main medsos sekarang, dikit-dikit hestek, dikit-dikit hestek. Biar apa? Biar viral dong. 

Udah hampir ambil dari rak kemudian baca no baper-baper club, hmm. Kok mendadak off akunya? Seakan ini buku-buku cara cegah galau buat abege, sedangkan aku udah masuk mid 20 (tua bosq) beruntung ada buku yang sampul plastiknya udah kebuka. Aku baca-bacalah sekilas dalemnya, keputusan akhir. Bungkus, bawa pulang ke rumah!

Buku ini sebenernya hadiah dari Fe. Dia bebasin aku buat milih buku di gramedia Depok. Apa aja terserah! Kebetulan aku lagi butuh genre yang nggak mikir berat, bacaan ringan aja buat ngatasin stres aku ngurusin visa hehe. 

Ditulis oleh Esty Dyah Imaniar buku setebal 184 halaman ini membahasa masalah cinta in a fun way. Jarang aku tuh menemukan buku masalah cinta yang isinya nggak galau, galaunya tuh apa ya terpusat sama si cowonya terus. Sementara buku ini galaunya itu menyeluruh. ((Menyeluruh))

Orang tua ada, diri sendiri ada, sampe pasangan hidup. Lengkap kan? Terbagi dalam empat bab: 

Bab pertama berjudul: Finding Love. The first page of this sub bab hits me hard, merasa relatable ketika ditegur dengan temen-teman sekitar sebagai orang yang susah buat tertarik sama orang lain. Kata mbak Esty ini compliment, tapi sebenernya menyedihkan juga #yha mbak kita senasib. Bab pertama lebih fokus ke arah diri sendiri. Ajak berdialog, coba tanya apa kemauan kamu yang sesungguhnya soal urusan asmara ini. Ojo dicuekin ges.

Bab kedua: When In Love. Ingat ya ketika jatuh cinta kamu perlu jadi authentic. Wah gimana tuh? Disini dituliskan kalo orang yang lagi dimabuk asmara biasanya berpotensi jadi bucin cenderung ngikutin gaya pasangannya gitu. Misal nih gebetan si A doyan jadi anak pecinta senja penikmat kopi, si A yang dasarnya anak boba tea (lah aku ding wkwk) jadi berubah haluan. Hmm, kan nggak seru? Selera kamu berubah buat dia, bukan buat kamu sendiri. Mostly pembahsana bab kedua ini soal self acceptance.

Bab ketiga: In relationship. Pembahasan bab ini lumayan berat nih, soal orang tua dan pasangan (suami). Garis merah yang aku tangkep gimana maintain hubungan kepada dua pihak itu. Yang mencuri perhatianku disini tentang pengabdian kepada suami, pertanyaan tentang kenapa ada standar ganda yang diberlakukan soal suami yang ikut istri dan istri yang ikut suami. Disaat suami yang ikut kesannya hebat di masyarakat, sementara kalo istri yang ikut ya udah b aja. Menurut mbak Esty dia agak nggak nyaman dengan konsep pengorbanan yang diliat dari segi "siapa ngikut siapa" kenapa ga lebih baik dilihat sebagai sisi pengabdian? 

Bab keempat: Good goodbye. Udah bisa ditebak dari judul, bab ini berfokus soal move on. Sedih sih ini pas baca self bullying, lagi-lagi diingatkan ketika terjadi kegagalan hubungan orang seringkali nyalahin diri sendiri. Cintanya berat di salah satu pihak aja, terus pas putus jadi mempertanyakan apa usaha yang kamu lakuin udah cukup baik buat bikin dia bertahan? Kenapa bisa kaya gini? Bagian mana yang salah? Belum puas mempertanyakan semua hal kemudian lanjut ngata-ngatain. HHH, ga sehat :( mbak Esty membagikan step by step move on disini in a fun way.

Style tulisannya asik waktu aku baca ngingetin sama salah satu situs yang sering aku baca, mojok.co. Eh bener aja, mbak Esty emang penulis disana juga lol. Khas lah, tapi ya nggak senakal mojok hehe. 

Ilustrasinya uh gemes sangat, warna buku didominasi oleh merah, hitam, putih. Nama ilustratornya Maryati, ini nama ignya @dimursimaryati cus kepoin aja lah.

Sangat merekomendasikan ini bagi perempuan mid 20, atau teenager juga masuk aja kalo kalian udah tertarik sama hubungan yang nggak melulu fokus soal first crush, deg-degan lucu, bad boy, dll. Bahan diskusinya lebih luas, masalahnya juga udah nyampe nyenggol mid life crisis. 









No comments:

Powered by Blogger.