Main ke Perpustakaan Nasional RI

Yeay, salah satu wishlist di taun 2018 berhasil kecoret di taun ini. Berkunjung ke perpustakaan nasional yang konon katanya tertinggi di dunia itu. Abis beres bikin visa di hari Selasa, Rabunya langsung di set deh buat main ke perpustakaan nasional RI. Turun di Gondangdia, perjalanan menuju ke gedung perpustakaannya sendiri memakan waktu sekitar 10-15 menit. Termasuk deket banget, kemarin Aufa ngide buat jalan kaki. Tapi Mawla ga mau wk. Yaudahlah akhirnya naik grab.

Jadi sebelum gedung utama, kita bakal ngelewatin museum dulu. Karena kemarin buru-buru jadi nggak bisa ngamatin lama deh. Cuma liat sekilas aja. Begitu keluar dari museum, baru disambut sama gedung tinggi 24 lantai. Gedung yang aku cari-cari, perpustakaan nasional RI.



Ada silence moment diantara kita berempat, amaze liat perpusnya. Terus protes kenapa harus ketutupan museum didepannya? Jadi nggak kerasa ada aura "wah" gedung ini kan? Masuk ke dalem, kita langsung ditanyain satpam. Dikasih kunci loker buat naruh barang. Oh iya disini disediain eskalator sama lift. Cuma eskalatornya terbatas sampai beberapa lantai aja, selanjutnya kalo mau naik lantai atas tetap harus pake lift.

Fasilitas gedung ini lengkap banget lho, mulai dari mushola, kantin, ruangan audio visual, semuanya ada dan oke interiornya. Betah banget kalo disuruh me time disini!

Sebelum keliling kita diwajibin buat bikin kartu anggota perpustakaan dulu, tempat registrasinya ada di lantai dua. Di sana disediain banyak komputer buat ngisi form registrasi, baru kalo udah beres nomer antrian tercetak dan tinggal nunggu giliran buat ambil kartunya. Kemarin aku sempet bermasalah nih, dataku ditolak buat daftar soalnya udah kedaftar. Nahloh bingung kan? Tanyalah ke pusat informasi, disuruh buat make komputer khusus buat ngisi data no ktp buat mastiin. Sekali dua kali gagal mulu, giliran dicoba Mawla langsung lancar :)) oh ya selain no ktp bisa juga masukin nama dan tanggal lahir juga sih.



Kemarin mampir di lantai 24, 21, 22, dan 19. Di lantai 24 kita penasaran sama rooftopnya, pemandangan disana cantik banget wey. Apalagi di bagian kanan itu ada executive room, didalemnya disediain sofa ngadep jendela yang pas ada monasnya. Jadi bayangin kita bisa baca buku sambil nikmatin pemandangan cantik kaya gitu. Indah banget.



Turun ke lantai 21 - 22 disuguhin ribuan koleksi buku mulai dari fiksi sampe non fiksi. Aku kemarin sempet baca Big Magic. Bangku, meja, sofa disini banyak banget. Buat masuk ke lantai ini nggak diperluin kartu sih, beda sama lantai 24. Jadi emang ada beberapa lantai yang bisa dimasukin tanpa kartu. Salah satunya lantai 21-22. Kedua lantai ini nyambung ya, didalemnya ada tangga gitu. Nggak perlu naik lift buat ke lantai 22nya.

Lantai 19 isinya layanan multimedia, tapi waktu masuk kita cuma dapet depannya doang sih. Nah itu semacem tempat kaya co-working space gitu. Ada bean bag, meja -  kursi. Nyamanlah buat ngerjain tugas ataupun nulis blog kaya aku sekarang. Mungkin didalemnya masih ada fasilitas lain sih.



Karena waktu yang sempit udah bersyukur sih bisa main ke beberapa lantai. Harga makanan di kantin juga normal kok, jadi aman kantong. Selain itu disini juga ada movie theater, bakal ada screening film di hari-hari tertentu. Jadwalnya ada di depan tempat registrasi.



Khusus buat kartu keanggotaan ini perlu banget dijaga, kalo hilang kita bakal disuruh lapor ke pihak berwajib a.k.a polisi. Pentingnya udah nyamain kaya KTP lho. 

No comments:

Powered by Blogger.