Review: What If (2013)




What if bercerita soal pria yang patah hatinya namun masih sanggup menyimpan voice mail dari sang mantan selama 379 hari lamanya. Dia adalah Wallace mahasiswa kedokteran yang memutuskan buat meninggalkan pekerjaan karena telah diselingkuhi oleh sang mantan hingga gak lagi terbayang bertemu dengan cinta yang baru
.
Wallace yang lagi iseng ngatur magnet kata-kata di depan kulkas milik temennya dalam sebuah pesta bertemu perempuan bernama Chantry (illustrator) yang kebetulan adalah saudara sepupu dari teman deketnya Allan. Waktu bergulir dengan cepat sampe keduanya memutuskan buat pulang bareng. Sampai di depan rumah si cewek dia ngasih warning kalo statusnya udah mingle. Jadi mas Daniel, kamu nggak perlu berharap banyak sama aku (mungkin maksud kodenya begini)

Kertas sobekan yang diberi si cewek terbang ditiup angin sewaktu Wallace nongkrong di atas atap rumah, persis scene awal dimana Wallace udah rela ngelepasin mantannya. Selang beberapa waktu keduanya bertemu lagi, sama-sama abis nonton film romance comedy. Dilanjutin pergi makan bareng, keakraban Wallace dann Chantry makin meningkat.

Chantry sengaja ngajak Wallace gabung dinner bareng adik sama pacarnya. Then eng ing eng… sang pacar ngasih alarm ke Wallace buat nggak ambil resiko untuk ngeraih perhatian Chantry karena dia udah punya pasangan.

Dari sini udah keliatan sih kalo hubungan spesial antara keduanya emang lumayan kuat, berpotensi buat jadi lebih dari sekedar sahabat. Pertanyaan "emang bisa ya cewek ma cowok jadi best friend tanpa ada apa-apa diantara mereka?" sebenernya udah bersemayam lama di kepala masing-masing orang yang ada di sekitar mereka berdua. Cuma karena salah satunya udah keiket otomatis potensi-potensi bakal jadian bisa berkurang walau kemungkinan menikung tetep ada. Love is dirty! Teriak Nicole (pacar Allan) yang emang udah berpengalaman soal ini.

Tokoh yang dibawain sama Daniel Radcliffe ini menurutku nyegerin banget. Soalnya kemarin November abis binge watch HP dari season 1-7, begitu disuguhin karakter beda dari si Harry akunya betah nonton. Wallace tuh brutally honest, bener-bener jujur lho kalo ngomong tanpa ada filter atau rasa sungkan. Mungkin perasaannya udah slowly dead akibat kegagalan orang tua dan pasangan sendiri ngebina hubungan. Selalu ada bumbu perselingkuhan. Scene paling memuaskan datang dari pidato Wallace di pernikahan Allan-Nicole:

 I remember the night Allan and Nicole met. And that instant conection. If you're lucky it happens once in a lifetime and if you're unlucky, then you have to come to weddings and listen to people like me talking about it. And asume we're all hopeless romantics... It's very easy to be cynical about love, but this, tonight, this is hard.

Chemistry yang terjalin diantara mereka berdua juga so so sih sebenernya. Lebih lucu waktu masa temenan deket transisi ke PDKT, eh what? XD dari plot cerita What If nyaman dan bikin betah nontonnya. Kisah cinta complicated bergenre romcom gini emang ngobatin rindu yang udah lama tertahan karena liat industri film barat sekarang yang jarang ngeproduksi lagi. Lumayan puas liat effort Wallace buat cewenya dan gimana cara Chantry to recognize her own feeling.

Web official: whatifmovie.com 

No comments:

Powered by Blogger.