Yuk belajar jadi buyer e-commerce yang cerdas!
Nggak bisa dipungkiri bagi kita bahwa internet
nggak cuma memudahkan kita dari segi komunikasi dan informasi aja. Namun juga
merambah ke berbagai aspek lainnya seperti salah satunya yang paling sering dilakukan
yakni aktivitas jual-beli online.
Sebagai salah satu internet user yang aktif,
aku pernah mempunyai pengalaman berbelanja online di tempat yang berbeda. Mulai
dari olshop biasa hingga e-commerce resmi seperti tokopedia dan hijabenka. Dari
pengalamanku sebenarnya belanja online sendiri mempunyai sisi positif dan
negatif yang sama bila dibandingkan dengan pembelian secara offline. Namun
berbeda lagi ya bagi sebagian orang yang memiliki jadwal super padat, membeli
secara online tentu saja merupakan hal yang sangat memudahkan mereka untuk
melakukan transaksi jual beli.
Nah mengesampingkan tentang efek positif dan
negatif yang didapat dari transaksi jual beli online, aku ingin memberikan tips
untuk para pembeli di e-commerce terutama untuk pemula. Karena nggak dipungkiri
aku lumayan sering menemukan online shop yang memberlakukan aturan super ketat
seperti memblack list orang-orang yang dengan sengaja mengcancel pembelian
mereka. Yang mana juga telah menjadi peraturan utama bagi online shop tersebut.
Tentu saja hal ini nggak mengenakan bagi kedua
belah pihak terlebih apabila kita sampai masuk kedalam daftar black list
tersebut. Berikut beberapa aturan yang aku terapkan sebelum melakukan transaksi
secara online
- Memastikan online shop/e-commerce yang dibeli aman dan memiliki cs yang baik
Aku tahu banget sih sebagai seorang buyer
online shop atau e-commerce kita sering ngerasa insecure ketika belanja secara
online. Ya gimana nggak kita beli barang yang belum pernah kita lihat aslinya
kecuali melalui foto. Dan foto emang bisa banget berpotensi untuk ngelabuin
kita sebagai buyer. Pengalaman pertamaku sendiri sebagai seorang buyer, aku
bener-bener mastiin kalo toko yang aku pesan itu aman (bila via online shop
instagram atau tokopedia dan sejenisnya) melalui feedback yang diberikan
pelanggan kepada online shop itu sendiri. Khusus untuk instagram aku biasanya
langsung liat ke bagian akun yang ditandai, yang dimana aku bisa liat secara
langsung para customer yang udah melakukan pembelian dan ngeupload foto mereka lagi
make barang dari online shop tersebut. Alias no tipu-tipu, dan yang paling
penting apabila kamu berbelanja sebisa mungkin carilah online shop/e-commerce
yang memiliki cs yang ramah dan responsif. Karena bila sewaktu-waktu terdapat
masalah pada barang kamu (misal barang yang tiba cacat)kamu dapat melaporkan
kejadian terkait kepada cs toko tersebut dengan perasaan yang tenang.
- Baca caption yang terletak pada postingan
Ini sering banget sih aku liat ketika aku
belanja online via instagram, beberapa pembeli sering banget nanya tentang
harga barang yang sebetulnya udah dicantumin pada caption. Greget kan? Hahaha,
tapi pengecualian sih memang kalo caption yang diberikan oleh online shop
tersebut nggak lengkap. Aku memang sebisa mungkin menghindari beli di online
shop yang kurang memberi informasi yang mendetail pada barangnya. Karena malas
tanya, ya berdasarkan pengalamanku sendiri sih. Memang beberapa online shop
memiliki pelayanan yang berbeda-beda, salah satunya adalah respon pelayanan
yang diberikan oleh owner kepada pembeli. Daripada tanya bolak balik dan nunggu
kelamaan, mending langsung cari online shop yang sudah memberi info mendetail
sih.
- Nggak mudah panik ketika menghadapi masalah pengiriman
Aku pernah mengalami kejadian keterlambatan
datangnya paket, yang harusnya tiba sekitar 3 hari menjadi molor hingga
seminggu. Padahal jarak antara kota pengiriman dengan daerah rumahku sangat
dekat lho. Notabenenya malah sekitar 2 hari harusnya udah sampai sih. Apalagi
niatnya kemarin mau ngebawa paketnya untuk keluar kota, tapi sayang karena
keterlambatan paket tadi aku jadi batal ngebawa barangnya keluar kota. Ini juga
merupakan pengalaman pertama aku dalam masalah keterlambatan pengiriman paket,
karena sebelumnya barang yang aku pesan selalu datang tepat pada waktunya. Setelah
aku telusuri lebih lanjut ternyata emang ada kekeliruan soal alamat rumahku
yang gak tertulis dengan jelas, syukurnya cs toko tersebut responsif dan ramah.
Penting banget diinget ketika kita sedang menghadapi masalah keterlambatan
pengiriman macam ini hal yang pertama kita perlu lakukan adalah menenangkan
pikiran kita, emang bakal susah sih tapi tetep diusahakan ya. Karena nggak enak
aja kalo misalnya kita melakukan komplain ke toko yang bersangkutan dengan
perasaan yang sedang panas, dikhawatirkan cs toko tersebut malah ikutan marah
dan akhirnya malas melayani kita ;)
Well, hope it helps and happy shopping for you
all!
No comments: