Yuk belajar jadi buyer e-commerce yang cerdas!





Nggak bisa dipungkiri bagi kita bahwa internet nggak cuma memudahkan kita dari segi komunikasi dan informasi aja. Namun juga merambah ke berbagai aspek lainnya seperti salah satunya yang paling sering dilakukan yakni aktivitas jual-beli online.
Sebagai salah satu internet user yang aktif, aku pernah mempunyai pengalaman berbelanja online di tempat yang berbeda. Mulai dari olshop biasa hingga e-commerce resmi seperti tokopedia dan hijabenka. Dari pengalamanku sebenarnya belanja online sendiri mempunyai sisi positif dan negatif yang sama bila dibandingkan dengan pembelian secara offline. Namun berbeda lagi ya bagi sebagian orang yang memiliki jadwal super padat, membeli secara online tentu saja merupakan hal yang sangat memudahkan mereka untuk melakukan transaksi jual beli.

Nah mengesampingkan tentang efek positif dan negatif yang didapat dari transaksi jual beli online, aku ingin memberikan tips untuk para pembeli di e-commerce terutama untuk pemula. Karena nggak dipungkiri aku lumayan sering menemukan online shop yang memberlakukan aturan super ketat seperti memblack list orang-orang yang dengan sengaja mengcancel pembelian mereka. Yang mana juga telah menjadi peraturan utama bagi online shop tersebut.

Tentu saja hal ini nggak mengenakan bagi kedua belah pihak terlebih apabila kita sampai masuk kedalam daftar black list tersebut. Berikut beberapa aturan yang aku terapkan sebelum melakukan transaksi secara online

  •   Memastikan online shop/e-commerce yang dibeli aman dan memiliki cs yang baik
Aku tahu banget sih sebagai seorang buyer online shop atau e-commerce kita sering ngerasa insecure ketika belanja secara online. Ya gimana nggak kita beli barang yang belum pernah kita lihat aslinya kecuali melalui foto. Dan foto emang bisa banget berpotensi untuk ngelabuin kita sebagai buyer. Pengalaman pertamaku sendiri sebagai seorang buyer, aku bener-bener mastiin kalo toko yang aku pesan itu aman (bila via online shop instagram atau tokopedia dan sejenisnya) melalui feedback yang diberikan pelanggan kepada online shop itu sendiri. Khusus untuk instagram aku biasanya langsung liat ke bagian akun yang ditandai, yang dimana aku bisa liat secara langsung para customer yang udah melakukan pembelian dan ngeupload foto mereka lagi make barang dari online shop tersebut. Alias no tipu-tipu, dan yang paling penting apabila kamu berbelanja sebisa mungkin carilah online shop/e-commerce yang memiliki cs yang ramah dan responsif. Karena bila sewaktu-waktu terdapat masalah pada barang kamu (misal barang yang tiba cacat)kamu dapat melaporkan kejadian terkait kepada cs toko tersebut dengan perasaan yang tenang.
  • Baca caption yang terletak pada postingan
Ini sering banget sih aku liat ketika aku belanja online via instagram, beberapa pembeli sering banget nanya tentang harga barang yang sebetulnya udah dicantumin pada caption. Greget kan? Hahaha, tapi pengecualian sih memang kalo caption yang diberikan oleh online shop tersebut nggak lengkap. Aku memang sebisa mungkin menghindari beli di online shop yang kurang memberi informasi yang mendetail pada barangnya. Karena malas tanya, ya berdasarkan pengalamanku sendiri sih. Memang beberapa online shop memiliki pelayanan yang berbeda-beda, salah satunya adalah respon pelayanan yang diberikan oleh owner kepada pembeli. Daripada tanya bolak balik dan nunggu kelamaan, mending langsung cari online shop yang sudah memberi info mendetail sih.
  • Nggak mudah panik ketika menghadapi masalah pengiriman
Aku pernah mengalami kejadian keterlambatan datangnya paket, yang harusnya tiba sekitar 3 hari menjadi molor hingga seminggu. Padahal jarak antara kota pengiriman dengan daerah rumahku sangat dekat lho. Notabenenya malah sekitar 2 hari harusnya udah sampai sih. Apalagi niatnya kemarin mau ngebawa paketnya untuk keluar kota, tapi sayang karena keterlambatan paket tadi aku jadi batal ngebawa barangnya keluar kota. Ini juga merupakan pengalaman pertama aku dalam masalah keterlambatan pengiriman paket, karena sebelumnya barang yang aku pesan selalu datang tepat pada waktunya. Setelah aku telusuri lebih lanjut ternyata emang ada kekeliruan soal alamat rumahku yang gak tertulis dengan jelas, syukurnya cs toko tersebut responsif dan ramah. Penting banget diinget ketika kita sedang menghadapi masalah keterlambatan pengiriman macam ini hal yang pertama kita perlu lakukan adalah menenangkan pikiran kita, emang bakal susah sih tapi tetep diusahakan ya. Karena nggak enak aja kalo misalnya kita melakukan komplain ke toko yang bersangkutan dengan perasaan yang sedang panas, dikhawatirkan cs toko tersebut malah ikutan marah dan akhirnya malas melayani kita ;)

Well, hope it helps and happy shopping for you all!

No comments:

Powered by Blogger.