Eye opening documentary to celebrate Hari Kartini

Entah mau berapa kali miris, intinya semua yang ada di film dokumenter period. End of sentences ini ngebuka pandangan aku soal menstruasi. Ini menguatkan alasan kenapa pembahasan soal menstruasi jangan cuma dibahas untuk kalangan tertentu aja (re:perempuan) laki-laki perlu dilibatkan dalam urusan haid ini


Pernah ga ngebayangin keluar dari sekolah karena udah masuk masa menstruasi? Disini ada kisahnya, dia ngerasa capek harus terus-terusan ganti kain yang gampang penuh sama darah sewaktu di sekolah. Tempatnya sendiri lumayan jauh dari ruang belajar mereka. Belum cibiran temen cowoknya tiap dia mau atau selesai ganti, wah ga nyamannya double-double. Karena dia ga pake pad, kainnya pun mudah basah dan perlu diganti sesering mungkin. Ya gimana mau belajar nyaman di sekolah ya kalo begitu caranya?



Mengambil lokasi di Hapur kota pinggiran di India, disana perempuan masih susah beli pad sendiri, alasannya malu. Itupun juga masih banyak yang belum familiar sama pad. Pad seolah benda yang langka keberadaannya, jauh dari genggaman. 

Shana, salah seorang narasumber ngerasa heran pas dilarang ngunjungin kuil pas haid. Loh kan gimana, kan dewi kita perempuan masa kita sendiri sama perempuan ga boleh kesana? Ini big reminder bahwa peristiwa menstruasi ini perlu dijelaskan dengan rinci tanpa embel-embel misterius yang menjadikan perempuan semakin malu untuk bertanya fenomena apa yang terjadi sama diri mereka.

Sampai hari ini masih banyak yang ragu dan sungkan ngomongin menstruasi sama saudara laki-lakinya, ayahnya, apalagi ke temen cowok. Diliatnya ga sopan lah, ini buat cewek aja karena cuma cewek yang ngalamin. Padahal ga gitu, laki-laki itu kan ada di sekitar kita ya, dengan melibatkan mereka di dalam isu ini pengertian mereka soal menstruasi bakal lebih meluas dari sekedar yang bikin perempuan pms doang

Kan capek juga tuh tahu pms gara-gara sensinya pacar/kakak/adik doang?! Apalagi dikaitin sama sesuatu yang misterius kaya di dokumenter ini. Perkara datang bulan itu rahasia tuhan, jadi kita nerima ajalah huhuhu :,) 

Ada yang lucu proses edukasi soal pad.  Di desanya Shana nerima bantuan alat pembuatan pad. Salah satu ibu yang demonstrasiin pad mereka ibarat cowok yang punya tampang pas-pasan tapi reliable. Perbandingan ini dibuat antara pad bikinan mereka sama pad yang bentuknya lebih bagus tapi nggak kuat nampung cairan. Kualitas > packaging, setuju teman-teman?

Based on my experience, di rumah juga agak susah ngomongin ini terang-terangan sama orang tua atau saudara laki-laki. Ibu aku aja dulu termasuk ngeyel bahwa perempuan yang gampang nyolot pas dilep (sakit perut) itu berlebihan, padahal kan ga gitu.... aku berusaha jelasin semampuku soalnya aku sendiri ngalamin itu juga. Ibu aku lumayan sakti sih, maybe emang tubuhnya bisa nahan rasa sakit yang teramat sangat

Menstruasi itu perkara pelik emang, di Indonesia sendiri sih nggak susah-susah masih suka pada malu kan cowok-cowok bantu beliin pembalut? Kudos yang menghilangkan rasa gengsinya demi membantu saudara, Ibu atau pacarnya beli benda emergency satu ini. Kalian udah selangkah lebih maju ngebuat menstruasi bukan sebagai hal yang memalukan dan perlu ditutupi seperti aib

Above that, dokumenter ini membahas pengaruh patriarki yang sangat kental disana. Perempuan nggak diajarkan untuk berdikari (berdiri di atas kaki sendiri, lol jadul istilahnya) atau bekerja sendiri. Sad. 

Actually para perempuan disana merasa lebih berdaya ketika mereka berhasil mengumpulkan atau membantu sama lain mengatasi problem ini. Helping each other is truly empowering 👏

Bisa tonton disini

4 comments:

  1. Seru juga baca pembahasannya, mba :D

    Saya sendiri dulu pertama kali dapat haid, itu jebol sampai ke rok ada darahnya :"")) tapi saya termasuk beruntung karena nggak ada satupun teman yang mengejek even teman laki-laki, mereka justru bertanya, apakah saya baik-baik saja? Tapi memang iya, awalnya mereka kira saya sakit karena konsep haid sendiri mungkin mereka nggak kenal *namanya masih anak-anak*

    However, semakin ke sini, saya rasa orang-orang sudah semakin terbuka soal haid dan tau bahwa kadang haid itu bisa sakit ruarrrr biasa :)) seenggaknya pasangan saya selama ini paham, kalau sudah masuk masa haid, pasti akan ada momen saya merasa pegal dan tanpa diminta pasti dia berusaha membantu saya dengan memijat kaki misalnya :D dan soal dibantu belikan pad, saya rasa sudah banyak laki-laki yang mau melakukannya sekarang dan nggak malu lagi asal (kalau kata pasangan saya) dikasih foto yang jelas mau pad seperti apa, jadi mereka paham harus beli yang mana :))) begitu cerita saya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah temen-temennya pengertian banget mbak Eno, kalo saya dulu sama temen-temen malah sembunyi-sembunyi buat ganti pad, jadi bawanya harus rapi biar ga diliatin :,) apalagi tembus, wah harus ditutup pake tas gitu. Jadi talinya dilonggarin biar nutupin rok bagian belakang, temen saya sampe pake daleman lagi biar aman wkwk.

      Iya mbak, thanks to technology sekarang tinggal googling lanjut share ke wa beres deh nggak perlu khawatir bakal kebalik beli merk apa, abisan merk pad itu berpengaruh banget hihi

      Delete
  2. Jadi inget ada temen SMA yang sering banget nanyain "nembus gak di rok gue?" dan itu dia tanyain berkali kali. Dan bener kata kamu banyak temen2 dan aku pun pakai celana panjang lagi malahan kalo lagi haid, hahahaha. Ini masalah yg hanya bisa dimengeri banget sama anak perempuan. Kalo udah bermasalah sama pad moodnya bisa berubah mendadak.

    Gal, kalo ada referensi mirip2 kayak gini mau dong, bahas masalah isu sosial atau gender hehe. Seru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh pad itu benda perang yang haram keliatan wujudnya deh. Walaupun butuh banget semendesak apapun ngumpetinnya juga kudu sungguh-sungguh :))

      Eh ada mbak Nisa, di youtube Netflix juga, dokumenter politik tapi (durasinya lumayan panjang) ada juga soal kesenjangan upah antara perempuan sama laki-laki mbak ;)

      Delete

Powered by Blogger.